Site and learn your application

Minggu, 22 Februari 2015

Memahami Pengertian"Netizen"

Indo Amaterasu
Sekarang ini sering kita lihat dan dengar istilah "Netizen" baik itu di media online maupun di tayangan Televisi. Pembawa acara menyebut pengguna internet dengan sebutan Netizen, lalu sebenarnya apa Netizen itu? Secara etimologi Netizen berasal dari  kata Net (Internet) dan Citizen (Warga), yang artinya pengguna internet yang berpartisipasi aktif (komunikasi, mengeluarkan pendapat, berkolaborasi, dll) dalam media internet.
Netizen

Siapakah Netizens itu??
Netizens adalah siapa saja yang mengakses dan menggunakan internet. Mulai dari ABG yang sangat aktif mobile chatting menggunakan ebuddy atau bahkan berjam-am membuka halaman facebook, mahasiswa yang bersuara kritis melalui media blog hingga para kaum dewasa-tua yang mengakses facebook untuk mencari teman-teman nya yang 'telah hilang', blogger, pengguna twitter, pengguna facebook dan 'aktivis' sosial media lainnya termasuk dalam kategori netizens.

Apa saja yang dilakukan Netizens??
Pada dasarnya ada 3 hal yang dilakukan netizens di internet, yaitu:
  1. Berkomunikasi dengan netizens lainnya melalui media-media seperti skype, email, chat, wall to wall, dll.
  2. Menyuarakan pendapatnya (dapat berupa rekomendasi, kecaman, opini, masukan mengenai sesuatu, mempromosikan, mengekspresikan diri, dll) melalu berbagai sosial media seperti twitter, tumblr, facebook, dll.
  3. Berkolaborasi melalu aplikasi web yang dapat digunakan secara kolaboratif dan real time melalui aplikasi-aplikasi seperti Google Docs, Google Spreadsheet, Zoho, dll.
Kesimpulannya
Netizens adalah sama seperti kita pengguna internet tapi tergantung pada diri kita sendiri mau jadi netizens seperti apa, menebar Isu, menyebar hal-hal benar, makanya banyak juga netizens Haters dan Netizens Antis,

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish