Site and learn your application

Sabtu, 21 Februari 2015

Menikmati Degan Bakar Weleri Yang Fenomenal

Indo Amaterasu
Salah satu wisata kuliner yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Kendal, khususnya di Kecamatan Weleri adalah degan bakar. Hems pastinya Anda bertanya-tanya bagaimana rasanya degan bakar ini? degan bakar dibuat dengan cara memanggang degan (kelapa muda) sampai matang kemudian dikasih lobang untuk mengambil isi dengan dan air kelapa yang sudah dicampur gula merah dan jahe. Degan bakar nikmat disantap bersamaan dengan batok degannya (tidak perlu dibelah dan diambil isinya).
Degan Bakar Weleri
Proses pembuatan degan bakar

Cara menghidangkan dengan nakar

Degan bakar ini cocok diminum disegala musim, baik musim panas dan penghujan. Selain degan bakar ada pula degan biasa berserta jajajan (gorengan) yang dijual di sini. Menikmati degan bakar ini serasa lebih mantap karena letaknya berada dipinggir sawah dan jalan raya, dibarengi hembusan angin yang semilir serasa di sawah.

Lokasi degan bakar berada dipinggir jalan dan lebih tepatnya di depan kolam renang Weleri. Dari arah pasar Weleri bisa dituju dengan angkot atau becak, kemudian sesampainya di pertigaan Taman Weleri belok ke arah barat dan sesampainya kolam renang Weleri di depannya tempat jualan degan bakar.

Ternyata degan bakar bukan sekedar minuman penyegar saja, tetapi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan karena air kelapa merupakan cairan yang mempunyai kandungan gizi, terutama mineral, yang sangat baik untuk tubuh manusia. Secara khusus, air kelapa kaya potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen).

Tingginya mineral berupa potasium dalam air kelapa, mampu menekan risiko terkena stroke bagi pengidap tekanan darah tinggi. Hasil penelitian Dr. Eugenio Macalalag, ahli urologi dari Chinese General Hospital dan National Kidney Institut,Filipina, menunjukkan bahwa terapi air kelapa sangat efektif melarutkan batu ginjal.

Namun, ternyata penelitian tentang beragam manfaat itu baru dilakukan pada air kelapa yang segar, bukan yang sudah dibakar. Sayang, sejauh ini belum ada penelitian tentang air kelapa yang sudah dibakar. Seperti halnya makanan, kelapa bakar rentan akan rusaknya zat-zat mineral yang terkandung di dalam buah kelapa saat di bakar. Menurut Dr. Eugenio Macalalag, saat pemanasan kelapa akan mengubah zat-zat penting yang terkadung di dalam kelapa bakar tersebut.

Walaupun belum ada penelitiannya, kelapa bakar benar-benar ampuh untuk meluruhkan kencing batu dan batu ginjal. itu semuanya terlah terbukti oleh kakak sepupu saya yang hampir dua tahun mengalami kencing batu. Dengan minum kelapa bakar rutin 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur membuat batu ginjalnya keluar dengan sendirinya tanpa mengalami operasi sama sekali.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish