Site and learn your application

Jumat, 27 November 2015

Cara Ampuh Mendapatkan 10 Sitelink Blog Dari Google

Indo Amaterasu
Sitelink adalah hiperlink yang menuju sub halaman website/ blog yang muncul di bawah pencarian Google setelah mengetik nama domain Anda. Ada beberapa macam sitelink yang muncul di mesin pencari Google, misalnya menampilkan 2, 4, 6, dan bahkan lebih dari itu. Semakin banyak jumlah sitelink semakin bagus, dan menunjukkan bahwa website/ blog kita tingkat atas.

Lihat saja website/ blog yang trafik pengunjungnya rendah pasti sitelinknya belum nampak, begitu juga sebaliknya bila peringkat alexa makin ramping sitelink semakin banyak. Tidak mudah mendapatkan sitelink, karena prosesenya bertahap.

Sitelink Indoamaterasu
Sitelink Website/ Blog

Manfaat Sitelink Website/ Blog

Manfaat sitelink yaitu dengan adanya sitelink bisa memberikan dominasi keyword atau kata kunci tertentu, yang artinya posisi website/ blog kita paling teratas dengan keyword tertentu yang akan sulit digeser oleh situs lain. Dan artinya dengan semakin banyak jumlah sitelink Google telah mengakui eksistensi webiste/ blog kita sudah bagus sesuai TOSnya.


Biasanya para mastah mengatakan bahwa blog yang mendapatkan sitelink adalah blog yang mempunyai umur lama, namun saya kurang percaya dengan pernyataan tersebut butinya indoamaterasu yang umunrnya kurang dari setahun sudah mendapatkan enam sitelink.

Jika Anda perhatikan, Google hanya akan menampilkan sepuluh baris situs dihalaman pertama untuk kata kunci tertentu. Apabila blog Anda mendapatkan sitelinks, minimal dua baris saja, itu berarti peluang Anda mendapatkan kunjungan jauh lebih besar, karena sisa situs yang akan ditampilkan Google tinggal delapan.

Bayangkan jika Google memberikan Anda hadiah enam sitelinks. Situs lain yang akan ditampilkan tinggal sedikit. Dengan sitelinks pada blog Anda juga akan menarik perhatian pengunjung, karena karakteristik pencariannya berbeda dari yang lain (ini merupakan sifat manusia, tertarik pada hal yang unik).

Cara Medapatkan Sitelink Otomatis Dari Google

1. Konten Harus Original dan Unik
Tulislah konten artikel yang unik dan benar-benar hasil tulsan Anda, bukan Copy dan Paste. Bila Anda mendapatkan ide nulis artikel dari postingan orang lain wajib untuk merombaknya namun isi dari intinya sama.

2. Gunakan Kata Kunci Yang Paling Banyak Dicari Orang
Anda bisa menulis postingan blog dengan bantuan Google Keyword Planner untuk mencari ide dan kata kunci apa saja yang menjadi trending dalam beberapa bulan terkahir.

3. Gunakan Template SEO Friendly
Ternyata penggunaan template berpengaruh juga terhadap SEO. Gunakan template yang mempunyai navigasi baik, baik itu menu, artikel terkait, dan lain sebagainya sehingga pengunjung mudah menelusuri blog Anda.

4. Setiap Kali Publish Artikel Wajib Mensubmitnya di Google ADD URL
Google ADD URL adalah tool milik Google yang mempunyai fungsi mempercepat perayapan artikel yang baru dipublish. Google ADD URL dirancang untuk mensubmit URL postingan blog.

5. Submit Sitemap Website/ Blog di Google Webmaster
Mensubmit blog di Google Webmaster membantu Google untuk mengindex keyword pada blog kita. Bila Anda telah mensubmit di Google Webmaster hanya butuh beberapa menit saja setiap kali publish artikel sudah muncul di mesin pencari.

Cara Mendapatkan Sitelink Manual Dari Google Webmaster

Bila semua langkah-langkah mendapatkan sitelink otomatis dari Google belum berhasil jangan panik, Anda bisa membuatnya sendiri secara manual dengan bantuan Google Webmaster.

Cara membuat sitelink dengan Google Webmaster:
1. Login ke Google Webmaster Tools Anda, lalu pilih blog yang ingin dioptimalkan. Pada Dashboard pilih tab Search Apprearance, lalu klik Sitelinks
Cara Mendapatkan Sitelink Manual Dari Google Webmaster
Klik Gambar untuk memperbesar

2. Ada dua kotak isian yang disajikan oleh Google. Pada kolom pertama, silahkan Anda kosongkan saja jika halaman homepage blog Anda adalah yang ingin Anda tampilkan. Namun jika ingin merubahnya, silahkan masukkan URL halaman yang ingin Anda tampilkan. Sementara di kolom yang kedua, adalah lokasi dimana Anda memasukkan halaman yang ingin Anda tampilkan. Jika telah mengcopy URL Anda, selanjutnya klik Demote. Anda bisa memasukkan beberapa URL, maka akan secara otomatis Google akan menggenerasikan link tersebut
3. Tungu beberapa hari sampai sitelink blog Anda muncul di mesin pencari Google.

26 komentar:

  1. Kaya nya sitelink nya skrg udah gak ada lagi ane cek.. ehehehe

    BalasHapus
  2. iya bang kok gak muncul sitelink-nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga langsung muncul gan, perlu waktu baru muncul

      Hapus
  3. Maaf saya koreksi ya, karena ada sedikit kesalahan yang mungkin jika ini di baca oleh yang masih awam dengan sitelink akan menjadi kesalahan yang terus menerus.

    Saya koreksi bagian yang ini:

    "Cara membuat sitelink dengan Google Webmaster:

    Login ke Google Webmaster Tools Anda, lalu pilih blog yang ingin dioptimalkan. Pada Dashboard pilih tab Search Apprearance, lalu klik Sitelinks.

    Ada dua kotak isian yang disajikan oleh Google. Pada kolom pertama, silahkan Anda kosongkan saja jika halaman homepage blog Anda adalah yang ingin Anda tampilkan. Namun jika ingin merubahnya, silahkan masukkan URL halaman yang ingin Anda tampilkan. Sementara di kolom yang kedua, adalah lokasi dimana Anda memasukkan halaman yang ingin Anda tampilkan. Jika telah mengcopy URL Anda, selanjutnya klik Demote. Anda bisa memasukkan beberapa URL, maka akan secara otomatis Google akan menggenerasikan link tersebut"

    Nah yang ingin saya tekankan adalah itu BUKAN cara membuat sitelink. Tapi itu adalah cara mendemosikan sebuah link yang dianggap oleh webmaster/blogger kurang sesuai dengan hasil generate sitelink oleh Google.

    Lebih jelasnya bisa dilihat disini, https://support.google.com/webmasters/answer/47334?hl=en

    Mohon di koreksi kembali ya. Salam hangat dari kita Blogger Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke trimakasih master atas masukkanya, semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca lainnya. Tenang aja, ni masih dalam belajar dan berbagai. Kalau ada yang kurang pas mohon dimaklumi hehe.

      Hapus
    2. waduh telanjur ane peraktekin, gimana tuh gan ?, atau ane hapus aja ?

      Hapus
  4. Cara membuat sitelink memang tidak ada rumus atau setting secara pasti, akan tetapi kita bisa mengupayakan dengan belajar dari pengalaman ketika blog blog kita mulai mendapat sitelink. Semangat terus gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, memang tidak ada ilmu pasti dan itu juga harus ada kebijakan dari Google. Namun setidaknya belajar dari pengalaman itu yang terbaik.

      Salam blogger gan..

      Hapus
  5. ane gak optimasi apa-apa, eh tiba-tiba dapet sitelink dari google..hehehe..luamyan lah dapet 4 sitelink..http://dionlegionis.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya gan, hehe. Berarti blog agan berkualitas makanya dapat sitelink.

      Hapus
  6. ini jelas mengajarkan tidak benar. Sebaiknya rubah artikel ini. Tujuan sitelink di webmaster Google untuk mendemosikan atau membuang url yang tidak diinginkan dalam sitelink google.

    Kok artikel ini judul nya membuat sitelink tapi cara yang disampaikan cara membuang sitelink.

    Pantas web nya ga ada sitelink nya. sebaiknya belajar lagi jadi ga keliatan bodohnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda yang bodoh, sok pintar. Niat Saya hanya berbagi dan semoga bermanfaat, kalo ga suka ya udah. Kelihatan banget anak kecilnya belum dewasa.

      Hapus
  7. mantep gan infonya sangat bermanfaat http://www.healthmystyle.com/

    BalasHapus
  8. Kereen gan.. Minta templatenya boleh nggak?

    BalasHapus
  9. gan, apakah setiap munculnya sitelink ditentukan oleh perangkat/pengguna tertentu? sebab, saya pernah coba menggunakan satu keyword situs dengan beberapa perangkat dan hasilnya, beberapa ada yang tidak muncul hanya seperti tampilan list sederhana dan namun beberapa lainnya tampil dengan sitelink. ada penjelasan kah?

    Salam,
    OFamni.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipengfaruhi cache browser gan, semakin Anda sering membuka situs A maka ketika mengetikan keyword URL A sitelinknya muncul banyak. Namun bila Anda jarang membuka situs A maka yang muncul sedikit.

      Hapus
  10. minimal berapa artikel untuk mendapatkan sitelink ini ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya nggak ada batas minimal harus berapa artikel mas, yang penting visitor dari blog bagus maka sitelink cepet muncul

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish