Site and learn your application

Jumat, 20 Februari 2015

Taman Nasional Komodo, Keindahan Pulau Komodo

Indo Amaterasu
Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km². Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.
Pintu masuk Pulau Komodo
Pintu masuk Pulau Komodo

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini. Pulau-pulau ini aslinya adalah pulau vulkanis. Jumlah penduduk di wilayah ini kurang lebih adalah 4.000 jiwa. Pada tahun 1991 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders telah mengumumkan pemenang sementara, dan Taman Nasional Komodo masuk kedalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak.

Pintu masuk di Pulau Rinca

Habitat Komodo sebenarnya ada didua tempat, yaitu Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Pulau Rinca mneyimpan spesies Komodo berukuran besar namun jumlahnya terbatas. Komodo yang hidup di Pulau Rinca lebih agresif dan galak, terbukti banyak sekali korban di sini, menurut warga setempat jadi pengunjung harus berhati-hati.

Monumen Komodo

Berdasarkan monumen yang dibangun di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo mulai disyahkan oleh Presiden RI yang ke-2 Bpk. Soeharto pada tanggal 3 Juni 1988. Hems, ternyata cukup lama juga dibukanya Pulau Komodo ini.

Panorama di Kepulauan Komodo

Yang boleh terlupakan ketika berada di Pulau Komodo yaitu melihat panorama pantai di Pulau Komodo yang sangat mengagumkan. Panorama ini dapat dilihat dibukit yang paling tinggi di Pulau Komodo. Mintalah para Guide untuk mengantarnya kesana, mereka sudah pada ngerti. Biasanya Bukit ini jadikan tempat foto-foto oleh wisatawan asing dan mancanegara.

Perjalanan menuju Pulau Komodo
Bagi Anda yang tinggal di Jawa, bisa dengan naik pesawat terbang kemudian transit di Bali, ganti pesawat jurusan Labuhan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Sesampainya di Labuhan Bajo naik angkot menuju pelabuhan Labuhan Bajo, Nha disana silahkan tanya sama petugas wisata untuk menyewa kapal paket wisata di Kepulauan Komodo.

Harga sewa variatif mulai 5 juta sampai 15 juta perkapal, tergantung jenis kapalnya dan fasilitas yang ditawarkan. Biasanya dalam 1 paket wisata Komodo, Anda akan mengunjungi Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Bidadari, Pantai Pink Beach, dan bermalam di Pulau Kalong.

Perairan laut di Kepulauan Komodo sangat jernih dan bawah lautnya dipenuhi terumbu karang yang bagus jadi sangat disayangkan bila Anda tidak mencoba Diving dan Snorkling.

Tips mengelilingi Pulau Komodo dan Pulau Rinca
Tenang saja bila Anda tidak tahu rute mengilingi dua pulau tersebut, telah disediakan Guite. Menyewa Guite hukumya wajib, karena mereka sebagai penunjuk jalan sekaligus sebagai pemandu kalian disana. Namun ada beberapa kapal yang ikut juga memandu jalan-jalan di Kepulauan Komodo.

Komodo

Komodo 2
Komodo 2

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata dengan sejumlah wisata yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish