Site and learn your application

Sabtu, 14 Maret 2015

Cara Ampuh Memperbaiki Keypat HP Yang Rusak

Indo Amaterasu
Meskipun teknologi keypa/ tombol pada ponsel mulai ditinggalkan dan beralih menggunakan touch screen, tetapi masih banyak produsen yang membuat ponsel murah dengan menggunakan keypad. Alasannya sederhana, ponsel dengan keypat mempunyai daya tahan baterai yang cukup lama karena dayanya tidak habis untuk layar dan prosesor (karena tidak menggunakan prosesor).

Kebanyakan penduduk Indonesia 1 orang mempunyai dua ponsel, hp yang satu tipe smartphone (android, iPhone, BlackBerry), sedangkan hape yang kedua hp senter. Disebut hp senter karena fiturnya hanya lampu senter dan masih menggunakan tombol papan ketik.

Berawal dari kasus diri sendiri ketika hape Samsung E1080T tombolnya mulai rusak, ketika digunakan mengetik terasa berat dan huruf munculnya lambat, memutuskan memperbaikinya. Sebelum menservis sendiri sempat tanya ke beberapa ahlinya kebetulan teman jadi mau berbagi caranya.

Rusaknya papan ketik pada umumnya dikarenakan ponsel terkena air atau kotoran yang menempel di PCB Keypat. Seperti pepatah yang mengatakan "Berbagi itu indah" maka indoamaterasu juga membagikan cara memperbaiki tombol papan ketik HP yang rusak.

Cara ampuh memperbaiki tombol keypat ponsel yang rusak:

1. Lepas baterai dan casing yang menutupi body ponsel.
2. Sisakan bagian layar dan sasis, disitu menempel PCB keypat ponsel seperti pada gambar di bawah ini.
Komponen papan ketik
Komponen papan ketik

3. Yang bulat-bulat itu adalah penghantar yang mengubungkan ke papan ketik, biasanya dilapisi plastik tipis yang menempel.
4. Buka dan bersihkan bagian yang bulat-bulat menggunakan minyak angin/ minyak kayu putih.
5. Minyak kayu putih ternyata mampu membersihkan kotoran yang menempel pada konektor keypat.
6. Pasang kembali dan lihat hasilnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish