Site and learn your application

Minggu, 22 Maret 2015

Memahami Istilah Script, Skrip, dan Nyekrip Dalam Pemrograman

Indo Amaterasu
Bingung istilah Nyekrip? Pernah Nyekrip? apa itu nyekrip? Mungkin rata-rata para programmer mengetahui istilah ini, tapi tidak semua programmer mengetahui apa sih Nyekrip ini. Nyekrip mulanya berasal dari kata "Script", orang Indonesia membacanya "Sekrip", dan kebiasaan para programe menyebutnya "Nyekrip" untuk mempermudah menyebutknnya.

Nyekrip, atau dalam bahasa bakunya adalah memprogram adalah sebuah kegiatan menggunakan bahasa pemprograman dan algoritma-algoritma yang kemudian disusun untuk menciptakan sebuah program. Nah jadi tahu deh kalau istilah nyekrip sama dengan istilah Ngoding.
Contoh Script Ajax
Contoh Script Ajax

Nyekrip atau Ngoding adalah istilah yang biasa disebutkan oleh programmer. Pengertian kasarnya adalah “membuat kode” dari suatu program. Atau bisa juga diartikan “menulis program pada bahasa pemrograman tertentu”. Tetapi, arti yang lebih tepat dari Nyekrip itu mengubah sintaks-sintaks algoritma dari notasi algoritmik atau pseudo-code menjadi sintaks-sintaks bahasa pemrograman tertentu agar bisa dibuat file binarinya (file EXE-pada windows).

Ketika seorang membuat aplikasi, dan menuliskan source code menggunakan bahasa pemrograman tertentu, maka dia disebut sedang Nyekrip.

Nyekrip itu asik lho. Kenapa demikian? Dengan Nyekrip, kita bisa menciptakan sesuatu. Kita bisa melihat ciptaan kita berjalan sesuai ekspektasi dan kita bisa bermain-main dengannya. Pasti temen-temen pernah merasakan kebahagian jika apa yang kita kerjakan dapat beroperasi dengan sukses. Nyekrip pun demikian. Ia bisa dikatakan sebagai seni menciptakan sesuatu walaupun tidak berbentuk fisik.

Selain menyenangkan, apabila kita jago Nyekrip kita bisa mengamalkannya lho. Sebut saja untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar kita, kita bisa membuat sebuah program. Saya jadi ingat ketika bikin sebuah program kecil bernama “Pengacak Kelompok” untuk membuat kelompok belajar dan tugas. Ketika program kecil itu jadi dan dapat berjalan, saya merasakan kesenangan yang luar biasa.

Untuk tingkat yang lebih besar, dengan kemampuan Nyekrip kita juga punya skill lebih dan siap dalam menghadapi era globalisasi ini.

Belajar Nyekrip
Belajar Nyekrip adalah pelajaran logika dan cara berpikir, logika bagaimana menyelesaikan masalah. Memang adakalanya perlu untuk menghapal sintaks dan aturan penulisan dalam program, tapi itu bukan harga mutlak. Bisa “melirik” ebook atau catatan ketika lupa. Jangan kuatir, lama-kelamaan pasti kamu akan mengingat dengan sendirinya. Bisa karena biasa.

Jangan hanya menjadi tukang ketik aja atau lebih parah lagi menjadi tukang copy paste. Ketika belajar Nyekrip pahami setiap barus kode dan alur program. kalo sudah paham, coba tulis lagi programnya dengan versi sendiri. Sadar atau tidak hal itu telah melatih logika berfikir dan belajar menuangkan logika berfikir kedalam program.

Untuk lebih menunjang pembelajaran, coba bikin atau ikutan grup , kelompok Nyekrip , komunitas, millis, forum, de el el. Ketika menemui permasalahan kamu bisa saling berdiskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Belajar Nyekrip jangan mengadalkan tatap muka di kelas, karena kebanyakan bapak/ ibu dosen hanya member teori. Sedikit sekali yang memberikan teori atau tips Nyekrip. Cobalah untuk mengeksplorasi sendiri segala hal tentang pemrogaman . Lha itulah gunanya kelompok Nyekrip tadi. Kamu bisa berbagi tentang teknik dalam pemrogaman.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish