Site and learn your application

Jumat, 17 April 2015

Cara Mengatasi Ponsel Yang Terendam Air

Indo Amaterasu
Smartphone harga mahal pasti tahan air, baterainya menyatu dengan body ponsel dan tidak bisa dilepas membuatnya tahan air. Namun untuk smartphone kelas menengah ke bawah sekali terendam air pasti rusak. Pastinya setiap pengguna smartphone tak menginginkan ponselnya tercebur air, kena tumpahan air, atau kehujanan, namun kadang kala hal itu datang tak kenal kompromi. Untuk meperbaikinya Anda harus memahami langkah-langkah awal menyelamatkan ponsel yang terkena air.
Ponsel Yang Terendam Air

Cara memperbaiki ponsel yang terkena air:
  • Jika kondisi dalam keadaan masih hidup/menyala, langsung matikan ponsel.
  • Jika tercebur di air yang kotor atau air laut saat bermain di pantai, bilas terlebih dahulu bagian luar. Khusus untuk air laut, bilas dengan air tawar untuk menetralisir air garam laut yang lebih berbahaya bagi perangkat elektronik.
  • Setelahnya, lepaskan casing pelindung, keluarkan kartu microSD serta kartu SIM dari slotnya. Dan jika menggunakan baterai yang bisa dilepas, jangan lupa untuk mencabutnya.
  • Gunakan kain lap kering, tisu, atau handuk untuk mengeringkannya, hindari agar air tidak menyebar ke area lain.
  • Jika air masuk ke area yang lebih dalam, Anda bisa menggunakan vakum untuk menyedot air yang terdapat pada celah yang sulit dijangkau.
  • Timbun ponsel dalam beras karena beras sangat baik dalam menyerap cairan (dalam kondisi baterai dan kartu telah dilepas). Meski terkesan janggal namun hal ini merupakan metode umum dalam mengeringkan smartphone atau tablet yang tercebur ke dalam air. Usahakan menimbunnya dalam waktu 24 jam.
Ponsel direndam dalam beras
  • Jika memiliki drybox (kotak penyimpanan yang biasa digunakan untuk kamera digital), masukkan ponsel ke dalamnya selama kurang lebih satu hari.
  • Jangan buru-buru menggunakan ponsel tersebut. Jika kondisinya terbilang parah tunggu hingga satu atau dua hari. Untuk sementara Anda bisa memanfaatkan ponsel atau ponsel cadangan lain (jika ada).
  • Selama masa jeda satu atau dua hari, periksa apakah masih terlihat air tersisa. Untuk memastikannya, Anda bisa mengeringkan kembali dengan meletakkannya di depan kipas angin atau dijemur di bawah sinar matahari.
  • Jika yakin tidak terdapat air, masukkan kembali baterai dan nyalakan. Periksa apakah respon layar sentuhnya masih berfungsi seperti sedia kala. Jangan lupa nyalakan musik atau lagu untuk memeriksa apakah speaker masih berfungsi.
  • Jika ponsel tidak dapat dinyalakan, cobalah untuk mencabut baterai dan menyalakannya hanya menggunakan charger. Jika berhasil, berarti baterai mengalami kerusakan dan Anda tinggal menggantinya dengan yang baru.
  • Jika semua cara tersebut tidak berhasil, bawalah ke service center resmi atau terpercaya untuk tindakan lebih lanjut.
Yang tidak boleh dilakukan:
  • Jika dalam kondisi mati, jangan langsung nyalakan ponsel. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemungkinan korsleting pada kabel atau komponen tertentu.
  • Jika dalam kondisi hidup, jangan langsung menekan sembarang tombol untuk memeriksa apakah masih berfungsi atau tidak.
  • Jangan mengguncang atau memiring-miringkan ponsel, hal ini untuk menghindari air menyebar di dalam komponen.
  • Jangan coba untuk mengeringkan bagian dalam dengan udara panas (contohnya pengering rambut), karena komponen tertentu sangat rentan dengan udara panas.
  • Jangan pula menggunakan blow dryer (atau perangkat dengan tiupan angin kencang) karena bisa jadi akan menyebarkan air ke komponen internal yang belum terkena air sehingga malah akan memperparah kondisi smartphone.

2 komentar:

  1. begini pak.
    saya punya ponsel,nama hp,nya HTC pastinya tau dong..
    nah gini pak. sayakan lagi mandi, nah hp saya,, saya simpen di samping saya, trus saya gk sadar kalo ternyata hp saya kena senggol dan terjatuh, tetapi sayangnya hp saya terjatuh pas banget kena bak mandi.. nah jadi gimana solusi dari bapak.
    hp saya terjadi error, yang di maksud saya, hp saya tidak ada menu'nya tetapi hp saya bisa hidup walaupun warnanya cuma putih doang tetapi tidak ada menu'nya,, kalo boleh minta solusinya, mohon bantuanya, Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini pak,ketika hape jatuh apa langsung dihidupkan?

      Dikeringkan dulu pak, bisa direndam dalam beras 2x24 jam. Kalau bapak punya tolkit untuk membuka HTC malah bagus, kemudian dijemur dipanasan. Bisa juga pake hair dryer.

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish