Site and learn your application

Minggu, 10 Mei 2015

Disarankan Menggunakan Power Supply (PSU) 80+ Bronze

Indo Amaterasu
Powes Supply (PSU) memegang peranan penting menentukan keawetan komponen komputer, maka dari itu pemilihan PSU harus tepat. Sekarang ini lagi marak tulisan 80+ Bronze di badan PSU, lalu apa sebenarnya artik 80+ Bronze.

80+ Bronze adalah standar baru (lisensi) untuk Power Supply. Jadi para produsen Power Supply (PSU) harus berlomba-lomba menciptakan produk yang menenuhi standar Internasonal. Standart ini  dikelola oleh organisasi bernama Ecos Consulting bertujuan agar membuat Power Supply bisa memberikan apa yang dimaksud efisiensi dengan final untuk bisa memberikan efisiensi 100% dari yang di janjikan. Selain itu juga dikarenakan untuk menghadirkan efisiensi ini harus membutuhkan komponen yang bagus, maka secara tidak langsung 80+ membuat produsen Power Supply meningkatkan kualitas komponen yang ada di dalamnya. 
Komponen Kapasitor juga perlu ditingkatkan
Komponen Kapasitor juga perlu ditingkatkan

Power Supply (PSU) 80+ dikelompokkan menjadi beberapa kelas, yaitu Bronze, Silver, Gold, Platinum, Titanium.
Jenis-jenis PSU 80+ Bronze
Jenis-jenis PSU 80+ Bronze

Maksud dari 80+ adalah efisiensi dari Power Supply tersebut. Power Supply berkerja layaknya converter. Yaitu merubah arus listrik besar AC yang ada pada PLN, menjadi arus listrik kecil DC yang digunakan pada PC kita. untuk standartnya PSU membuang beberapa watt dan diubahnya menjadi panas. contoh PSU 500w standart dengan efisiensi 60% dengan spesifikasi PC memakan daya sekitar 200w. PSU akan menyedot daya 500w dimana sebanyak 200w diubah menjadi panas. nah untuk PSU 500w dengan 80+ (80% efisiensi) hanya menyedot 360w dengan 160w yang menjadi panas. ini berdampak kepada panas yang lebih rendah serta penggunaan listrik lebih hemat.

Terdapat 2 macam pengujian, yaitu 115V internal non-redundant dan juga 230V internal redundant. 115V non-redundant biasanya digunakan oleh Anda, para pengguna komputer biasa, sedangkan 230V internal redundat biasanya digunakan untuk Data Centre. Terlihat disitu bahwa perbedaan dari beberapa jenis 80+ terletak pada efisiensinya. Semakin bagus maka akan semakin efisien namun juga lebih mahal. Perlu diingat sekali lagi, semakin efisien PSU Anda, tenaga yang terbuang juga akan semakin sedikit dan itu berarti PSU Anda akan lebih dingin dan juga tagihan listrik yang akan lebih hemat.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish