Site and learn your application

Jumat, 17 April 2015

Memahami Beberapa Kode Error Google Play dan Solusinya

Indo Amaterasu
Ada beberapa smartphone Android yang tidak bisa mendownload beberapa jenis aplikasi di Google Play. Hal itu bisa disebabkan device Android tidak kompatibel dengan apliasi, kapasitas penyimpanan yang penuh, hingga penggunaan akun Google Play lebih dari satu. Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, sebaiknya Anda memahami pesan kode error pada Google Play, baru treatmenya.
Kode Error Google Play

Berikut ini beberapa Kode Error Google Play dan Solusianya:

1. Google Play – Error 413
Saat mengunduh aplikasi atau update mengalami kegagalan, kode ini biasanya terjadi karena menggunakan proxy pada koneksi internet. Solusinya, masuk ke Settings > Apps, geser ke kiri hingga masuk ke pilihan ALL. Geser ke bawah dan temukan Google Play services, tekan Clear data dan Force stop. Lakukan pula hal yang sama pada Google Play Store dan bersihkan cache pada peramban (Browser) yang digunakan.

2. Google Play – Error 491
Kode ini timbul akibat tidak bisa mengunduh serta melakukan update. Untuk solusinya, hapus terlebih dahulu akun Google yang telah dipasang di Android. Masuk ke Settings > Accounts > Google. Klik akun yang ada, tekan tombol menu dan pilih Remove Account. Reboot Android dan tambahkan lagi akun Google yang tadi telah dihapus. Masuk ke Settings > Accounts > Add account. Setelah berhasil membuat akun, masuk ke Settings > Apps, geser ke kiri hingga masuk ke pilihan menu ALL. Geser ke bawah dan temukan Google Play Services, tekan dan klik Clear data serta Force stop.

3. Google Play – Error 492
Kode ini muncul dan mengakibatkan  Anda tidak bisa mengunduh aplikasi akibat permasalahan Dalvik cache (ruang kosong sementara yang dipakai oleh Java Virtual Machine untuk menjalankan aplikasi). Solusinya yaitu jalankan Settings > Apps, geser ke kiri ke menu ALL, dan geser ke bawah hingga menemukan Google Play Services, pilih Clear data dan Force stop. Lakukan hal yang sama pada Google Play Store. Jika tidak berhasil, hapus Dalvik cache dengan cara masuk ke mode recovery (khusus smartphone yang sudah di-root). Pilih Advanced > Wipe dalvik cache, lalu reboot.

4. Google Play – Error 497
Tidak bisa mengunduh karena proses update Play Store sedang berjalan mengakibatkan pesan error ini muncul. Tunggu hingga proses update selesai. Jika permasalahan masih terjadi, masuk ke Settings > Apps, geser ke menu ALL, geser ke bawah dan temukan Google Play Service. Tekan Clear data dan Force stop. Lakukan hal yang sama pada Google Play Store.

5. Google Play – Error 498
Jika Anda menemukan kode ini, biasanya akibat gangguan saat mengunduh dari Google Play. Hal ini disebabkan oleh media simpan yang penuh. Hapus aplikasi ataupun file yang tidak diperlukan. Jika masih dirasa kurang, masuk ke mode recovery. Caranya, restart Android dan masuk ke Recovery Mode (caranya beragam sesuai dengan tipe smartphone serta versi Android yang digunakan). Pada mode recovery, arahkan ke pilihan wipe cache partition, setelah reboot kembali.

6. Google Play – Error 919
Jika  Anda berhasil mengunduh aplikasi tetapi tidak bisa dijalankan. Bisa jadi tidak ada lagi ruang simpan yang cukup di Android  Anda  Hapus file yang tidak penting, bisa berupa data musik, video, atau aplikasi yang berukuran besar yang jarang digunakan.

7. Google Play – Error 921
Kode ini timbul dan mengakibatkan  Anda tidak bisa mengunduh aplikasi. Solusi yang bisa  Anda coba yaitu dengan menghapus cache pada Google Play Store dengan masuk ke Settings > Apps, geser ke menu ALL > Google Play Store, tekan Clear data dan Clear cache. Jika tidak berhasil, hapus akun Google, restart, dan daftarkan kembali akun Google yang dimiliki.

8. Google Play – Error 923
Kode ini tampil saat Anda tidak bisa mengunduh yang disebabkan oleh kegagalan saat sinkronisasi dengan akun Google atau cache memori tidak cukup. Untuk itu  Anda bisa menghapus akun Google dan juga aplikasi yang tidak digunakan sehingga kapasitas memori menjadi lebih lapang. Reboot smartphone dan masuk ke mode recovery. Pilih wipe cache partition (data tidak akan hilang) dan restart kembali (mirip dengan cara pada Error 498). Aktifkan kembali akun Google  Anda.

9. Google Play – Error 403
Pesan kode error ini muncul saat Anda menggunakan lebih dari 1 akun Google yang berbeda. Solusinya pilih salah satu akun gmail kemudian jadikan akun tersebut sebagai default Google Play. Dengan cara tersebut, Anda dapat mendwonload file id Google Play.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish