Site and learn your application

Minggu, 10 Mei 2015

Pengertian 80 Plus, Bronze, Silver, Gold, dan Modular Pada Power Suply (PSU)

Indo Amaterasu
Power Suply (PSU) adalah komponen penting yang mengubah arus AC menjadi arus DC. Pemilihan jenis power suply mempengaruhi efisiensi daya listrik dan kewaetan hardware komputer. Produsen Power Suply berlomba-lomba membuat produk yang menehui standar dunia. 80plus.org adalah organisasi yang memberikan lisensi pada kualitas Power Suply.

Power Suply yang bagus sebaiknya memiliki lisensi 80 plus, namun ada beberapa produsen nakal yang mencantumkan 80 plus pada produknya. Untuk mencegah supaya tidak tertipu silahkan cek jenis power suply yang Anda incar di 80 plus.org. Misalnya power suply tersebut ada stiker 80 plus, cek di 80 plus apakah sudah terdaftar atau belum. Bila tidak trdaftar dapat dipastikan PSU tersebut abal-bal.

Power Suply kualitas bagus pasti menyertakan 80 Plus, Bronze, Silver, Gold, dan Modular. Lalu apa pengertian dari istilah-istilah tersebut?? berikut ini penjelasannya:
Lisensi 80 plus yang ada pada kotak PSU

80 Plus: artinya Power Suply memiliki tingkat efisiensi listrik 80%
80 Plus Bronze: artinya Power Suply memiliki tingkat efisiensi listrik 82%
80 Plus Silver: artinya Power Suply memiliki tingkat efisiensi listrik 85%
80 Plus Gold: artinya Power Suply memiliki tingkat efisiensi listrik 90%
Modular: artinya kabel Power Suply dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan, sehingga kabel tidak berserakan dan terkesan rapi.

Semakin tinggi tingkat efisiensi daya listrik, semakin hemat listrik karena tidak terbuang sia-sia. Listrik hanya mengkonsumsi daya sesuai kapasitas hardware.
Power Suply Modular

2 komentar:

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish