Site and learn your application

Minggu, 10 Mei 2015

Reviev Graphic Card Power Color R9 280X

Indo Amaterasu
POWER Color memberikan solusi bagi gamers yang ingin bermain game dengan kualitas grafis tinggi di resolusi high definition (HD). Yakni, Radeom R9 280X TurboDuo. Kartu grafis tingkat atas itu layak dijadikan andalan karena dilengkapi dengan memory interface 384 bit, dan memori 3 GB.

Kartu grafis ini dilengkapi dengan dua kipas besar yang disebut TurboDuo cooling system. Tidak berisik ketika bekerja keras, serta efisien dalam mendinginkan kartu grafis. Bermain makin nyaman karena dukungan CGN yang inovatif, serta Mantle yang membuat game makin kencang.
Graphic Card Power Color R9 280X
Graphic Card Power Color R9 280X

Melihat Lebih Dekat Power Color R9 280X
Power Color R9 280X mempunyai desain yang khas dan gagah. Makin tangguh karena dibuat dari bahan metal. Kombinasi tiga pipa penyalur panas berukuran 8 mm, dan dua kipas besar membuat kartu grafis itu siap untuk digunakan kapan saja dalam waktu yang lama.

Berkat TurboDuo Cooling technology, bisa menurunkan panas sampai 23 persen. Saat bermain game atau diberi tugas dengan beban maksimal, temperatur berada di kisaran 65 derajat celcius sampai 70 derajat celcius. Saat idle, panas yang dikeluarkan sekitar 30 derajat celcius. Power Color R9 280X TurboDuo cocok dipadukan dengan berbagai monitor. Sebab, memiliki konektivitas HDMI, DVI, dan dua mini display.

Performa Meyakinkan Power Color R9 280X
Pefoma memuaskan terlihat saat diuji dengan Firestrike milik 3DMark. Skor yang didapat adalah 6232. Hasil itu cukup untuk memainkan banyak game terbaru dengan seting grafis tinggi. Begitu juga saat dijalankan di resolusi 1920x1080.

Diberi beban yang lebih berat dengan Firestrike Extreme, skor yang didapat 2964. Meski terbatas, beberapa game masih bisa dijalankan dengan baik di resolusi 2560x1440. Saat diberi beban terberat secara simultan, temperatur kartu grafis di kisaran 70 derajat celcius.

Power Color R9 280X ini tidak hanya cocok untuk bermain game, tetapi juga mengedit video. Berdasar hasil uji coba menggunakan Cinebench R15, mendapat nilai 83.46 FPS. Skor itu menempatkan Power Color R9 280 berada di urutan teratas bila dibandingkan dengan skor FPS kartu grafis lain di database Cinebench R15. Saat diuji dengan Furmark, beban puncak di resolusi 1920x1080 juga menghasilkan nilai yang tinggi. Hasil rata-ratanya, 49 FPS dengan detilnya nilai tertinggi 54 FPS, dan terendah 48 FPS.

Bermain Dengan Grafis Tinggi Power Color R9 280X
Spesifikasi Power Color R9 280X TurboDuo yang tinggi tentu berbanding lurus dengan performa. Contohnya, saat bermain game zombie yang berjudul Dying Light. Game baru itu tergolong rakus karena membutuhkan kartu grafis kelas tinggi kalau mau memainkan dengan seting grafis tertinggi.

Tapi, Power Color R9 280X TurboDuo berhasil melewati dengan menghasilkan 27 FPS sampai 30 FPS. Perbedaan itu muncul karena bergantung pada kondisi level yang sedang dilewati. Ketika banyak zombie yang berkumpul, FPS yang dihasilkan lebih rendah daripada saat sedikit zombie.

Game berat lainnya, yakni Far Cry 4 juga mampu dijalankan dengan baik. Bahkan, saat terjadi baku tembak dan banyak musuh dalam satu frame, FPS yang diperoleh masih tinggi. Setidaknya, rata-rata skor yang diperoleh adalah 67 FPS. Nilai setinggi itu tentu tidak meninggalkan masalah seperti lagging saat bermain.

Hasil yang tidak jauh berbeda muncul saat memainkan petualangan Lara Croft dalam Tomb Raider. Bermain dengan setting grafis tertinggi, mengaktifkan fitur TreesFX, bukan hambatan untuk menghasilkan grafis smooth. Dari pengujian internal benchmark Tomb Raider, mendapatkan skor 60 FPS. Kalau game-game berat bisa menghasilkan FPS yang tinggi, tentu hasil lebih baik lagi saat bermain game yang spesifikasinya lebih rendah.

4 komentar:

  1. mantab nih gan reviewnya lengkap dan jelas, salam amaterasu :v dan juga salam blogwalking :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam blogger juga gan, sebelumnya makasih udah mampir dan memberikan jejak hehe

      Hapus
    2. okey gan, berusaha untuk tenang hehe

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish