Site and learn your application

Cara Melihat Siapa Yang Online Dalam Jaringan Wifi

Wireless Fidelity atau yang disingkat Wifi adalah sebuah media penghantar komunikasi data nirkabel (tanpa kabel) yang menggunakan sinyal radio dengan frekuwensi tertentu. Wifi mampu memberikan akses internet cepat sesuai dengan ISP yang disewanya, penggunaan jaringan wifi lebih luas daripada bluetooth. Wifi sendiri umumnya diterapkan di cafe, warung, kantor, sekolah, dan universitas untuk memudahkan pengguanya mengakses internet.
Simulasi penggunaan jaringan Wifi
Simulasi penggunaan jaringan Wifi

Mendengar kata wifi sepertinya masyarakat sudah terlalu familiar dengan media ini, bahkan ada yang menyewakan jasa wifi dengan tarif yang telah ditentukan. Maraknya bisnis share wifi memang menguntungkan sehingga banyak orang yang memanfaatkannya. Dari modem kita juga membagi wifi ke teman/ tetangga terdekat, mudah bukan??

Jaringan wifi yang baik harus diberi password supaya orang lain tidak sembarangan mencuri wifi kita. Maka dari itu kita harus tahu siapa saja orang yang terhubung dengan jaringan wifi yang sama. Akses internet wifi tidak secepat biasanya bisa disebabkan karena banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan wifi sama.

Cara mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi yang sama
Ada beberapa cara untuk mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan yang sama, bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3 bisa juga menggunakan fitur bawaan windows bernama Network. Namun menggunakan aplikasi dapat menampilkan data lebih lengkap seperti No. Ip, Mac Address, dan nama User.

1. Angry IP Scanner
Angry IP Scanner

Angry IP Scanner merupakan aplikasi open source yang dikembangan beberapa developer sehingga aplikasi ini 100% gratis tanpa biaya. Angry IP Scanner mampu mendeteksi pengguna yang terhubung dalam jaringan seperti IP, dan Hostname.


 2. Who's On My Wifi 
Who's On My Wifi

Who's On My Wifi merupakan aplikasi IP Scanner yang paling lengkap dengan menampilkan Mac Address, IP, dan Hostname. Untuk menikmati fitur unggulannya Anda diwajibkan mengupgrade ke versi pro, namun versi gratisannya sudah lebih dari cukup untuk mengetahui siapa saja yang terhubung dalam jaringan.


3. Network Windows
Network Windwos

Fitur Network sudah ada dalam paket installasi windows. Cara menjalankannya cukup mudah hanya dengan membuka windows explorer kemudian klik pada "Network". Bila ada pengguna wifi lain yang terhubung dalam jaringan yang sama maka akan ditampilkan satu-persatu sesuai nama komputer yang digunakan.

5 komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish