Saturday, June 6, 2015

Fitur Terbaru Android M dan Jadwal Releasenya

System Operasi Android terbaru yang telah ditunggu-tunggu akhirnya diperkenalkan pada publik pada tanggal 5 Juni 2015 diajang Google I/O. Penerus Android L dengan kode M memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak terdapat pada OS versi sebelumnya.

Meskipun hanya beberapa % yang menikmati Android L (Lolipop), bukan berarti Google tidak mengembang System Operasinya. Terbukti Google telah mengenalkan Android M pada perangkat Nexus 5, Nexus 6, dan Nexus 9. Sedangkan untuk Android M versi final akan direlease pada kuartal ke-3 tahun ini.
Android M

Sampai saat ini Google masih menyembunyikan kepanjangan dari Android M. Menurut Anda apa kepanjangan dari kode M?? Inilah fitur-fitur terbaru yang terdapat pada Android M:

1. App Permissions
Feature pertama Android M yang diperkenalkan pada Google I/O keynote adalah ‘app permissions’ baru. Kini para pengguna Android M tak akan terganggu lagi dengan banyaknya permintaan ijin dari aplikasi, misalnya izin untuk mengakses kamera, kontak, microphone, dan lainnya.

Pada Android M, permintaan izin dari aplikasi hanya akan berlangsung sekali saat pertama kali aplikasi tersebut diunduh. Hal ini mirip dengan ‘app permissions’ pada sistem operasi iOS.

2. Google Now
Salah satu peningkatan terbesar pada Android M adalah pada feature Google Now. Kini digital assistant tersebut telah dibuat semakin pintar dan diberikan tambahan feature baru bernama ‘Now on tap’.

Berkat feature baru tersebut, Google Now akan semakin mengerti permintaan penggunanya dan memungkinkan Google Now melakukan beberapa tindakan yang cerdas. Contohnya: saat mendengarkan lagu dan bertanya tentang artis yang menyanyikan lagu tersebut, Google Now akan tahu siapa yang pengguna maksud tanpa perlu menyebut namanya dan akan menampilkan semua informasi penting tentang penyanyi tersebut.

3. Android Pay
Dalam acara Google I/O 2015, Google juga memperkenalkan layanan Android Pay yang mirip dengan Apple Pay. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara mobile dan menggunakan konektivitas NFC.

4. Fingerprint Scanner
Selain layanan pembayaran baru, Android M juga hadir dengan dukungan terhadap pendeteksi sidik jari, sehingga para vendor tak perlu repot untuk menanamkan layanannya sendiri lagi.

5. Integrasi Chrome
Saat ini aplikasi pihak ketiga seperti Facebook akan menggunakan aplikasi browser pihak ketiga saat pengguna membuka sebuah link dari dalam aplikasi. Pada Android M, hal tersebut tak akan terjadi lagi, karena Google telah mengizinkan integrasi mendalam antara aplikasi pihak ketiga dengan Chrome. Semua link nantinya akan dibuka dengan Chrome namun tetap menggunakan desain antar muka yang sesuai dengan aplikasi pihak ketiga itu sendiri.

Lalu apa bedanya? Dengan implementasi Chrome, aplikasi pihak ketiga bisa melakukan loading konten meski pengguna belum membuka link tersebut, sehingga membuka halaman dari link tersebut akan semakin cepat.


EmoticonEmoticon