Site and learn your application

Minggu, 07 Juni 2015

Thunderbolt 3 Buatan Intel Hadir Dengan USB-C

Indo Amaterasu
Thunderbolt adalah sebuah perangkat yang mempunyai fungsi menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya melalui slot bus expansion. Perangkat ini dikembangkan oleh Intel dan diluncurkan ke pasar melalui kerjasama Apple.  Thunderbolt mulai dikenalkan pada publik tahun 2011 bersamaan releasenya MacBook Pro.

Intel terus mengembangkan Thunderbolt dan pada puncaknya di ajang Computex 2015, mengenalkan Thunderbolt dengan port yang berbeda dari sebelumnya yaitu USB type C. USB-C merupakan standar port terbaru di atas USB 3.0, USB ini memiliki port kecil bolak-balik jadi dalam kondisi terbalik tetap bisa menggunakan port ini. USB-C hadir dengan tenaga yang lebih besar dengan bandwidth yang mumpuni sehingga mempercepat transfer data.

Thunderbolt 3 diklaim mmampu menghadirkan bandwidth hingga 40 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih cepat daripada standar USB 3.1 dan DisplayPort 1.2. Melalui koneksi Thunderbolt ini, maka pengguna bisa menghubungkan berbagai perangkat dalam satu sambungan, mulai dari monitor, jaringan, hingga grafis eksternal.
Thunderbolt 3

Navin Shenoy (vice president in Client Computing Group and general manager of Mobility Client Platforms, Intel) mengatakan bahwa Thunderbolt 3 ini merupakan sebuah port yang serba bisa. Thunderbolt 3 ini dapat menghubungkan dua layar 4K, bandwidth yang cepat, serta pengisian baterai yang cepat. Navin Shenoy juga mengatakan bahwa Thunderbolt 3 ini akan membuat USB-C menjadi sebuah solusi kabel tunggal. “Para OEM dan produsen akan menyukainya,” katanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish