Site and learn your application

Rabu, 24 Juni 2015

Tips Ampuh Mengatasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Indo Amaterasu
Bagi yang pernah naik pesawat pastinya pernah mengalami keadaan telinga yang rasanya seperti tersumbat, sakit. Bahkan kepala juga terasa sakit. Hal tersebut terjadi karena perbedaan tekanan udara. Terutama pada saat pesawat take-off atau landing. Keadaan tersebut disebut dengan nama Oklusi Tuba yang berarti adanya sumbatan pada saluran tuba eustachius di dalam telinga. Tuba eustachius merupakan saluran di dalam telinga yang berada di bagian tengah hingga belakang hidung atau di sekitar pangkal tenggorokan. Saluran ini akan segera merespon dengan cara membuka dan membiarkan udara masuk ke dalam bagian telinga tengah jika terjadi perbedaan tekanan udara karena saluran ini berguna untuk menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga tengah dengan tekanan udara di luar.
Tips Mengatasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Pada orang yang mengalami alergi, infeksi saluran pernafasan atas atau sedang mengalami flu terutama pilek sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum naik pesawat agar diberi obat tetes hidung atau obat minum yang berfungsi untuk membuka saluran tuba eustachius. Anda bisa mengkonsumsi obat tersebut 45 menit sebelum naik pesawat.

Namun bagi Anda yang sehat, cara termudah untuk mengatasi rasa sakit pada telinga tersebut adalah dengan cara menelan ludah setiap 15-30 detik sekali. Mengulum permen atau menguyah permen karet sebelum pesawat take-off dan landing juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada telinga karena hal tersebut membuat saluran tuba eustachius tetap terbuka. Sehingga dapat menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga. Pastikan juga Anda tetap terjaga saat pesawat take-off ataupun landing. Jika sedang menempuh penerbangan jarak jauh dan tertidur, usahakan bangun saat pesawat akan landing karena saluran tuba eustachius tidak bisa efektif terbuka jika Anda tertidur.

Bisa juga dengan menggunakan penutup telinga yang terbuat dari busa ataupun kapas. Jika Anda terbang bersama bayi atau anak-anak, susui atau berikan minum kepadanya saat pesawat take-off maupun landing. Dengan cara tersebut tuba eustachius akan tetap terbuka.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish