Site and learn your application

Minggu, 05 Juli 2015

5 CMS Terbaik Untuk Membuat Toko Online

Indo Amaterasu
Content Management System atau yang disebut CMS adalah tool yang dibuat untuk membangun sebuah website. Macam-macam website juga banyak, misalnya web toko online, web blog pribadi, dan web sekolah. Berhubung maraknya bisnis online akhir-akhir ini, indoamaterasu akan membahas CMS terbaik untuk membangun toko jual beli online.

CMS yang digunakan tentunya powerfull mendukung transaksi online, seperti theme dan plugin yang mudah diinstall. CMS untuk mendesain toko online pada umumnya tersedia plugin card online. Berikut ini daftar CMS yang banyak digunakan untuk membuat toko online:


1. Prestashop
Prestashop

Prestashop adalah sebuah aplikasi untuk web toko online yang saat ini menjadi favorit di dunia bisnis online Indonesia, begitu populernya prestashop sampai di Forum PrestaShop telah disediakan ruangan khusus untuk mereka yang ingin berdiskusi dalam bahasa Indonesia.

2. Opencart
Opencart

Opencart adalah sebuah CMS (Content Management System) yang bersifat opensource, OpenCart merupakan CMS yang berguna untuk membuat toko online berbasis PHP dan MySQL, banyak fitur yang ditawarkan oleh OpenCart sehingga penggunaanya sangat user friendly walaupun bagi orang awam. OpenCart adalah turn-key siap pakai solusi keranjang belanja. Anda cukup menginstal, pilih template Anda, tambahkan produk dan Anda siap untuk mulai menerima pesanan.

3. Magneto
Magneto

 Magento adalah aplikasi e-commerce (disebut juga online store atau shopping cart) berbasis web dengan fasilitas sangat lengkap. Magento merupakan open source yang merupakan metode pengembangan software yang menyertakan source code, dan mengizinkan pemakaian atau perubahan seperti apapun terhadap source code tersebut. Jadi, open source merupakan cara pengembangan/distribusi software yang membolehkan siapapun memperoleh, mengubah, dan mendistribusi ulang software tersebut. Namun setelah saya mengunjungi situs magento, perusahan tersebut sudah merilis Professional Edition dan Enterprise Edition  yang sepertinya sudah menjadi komersil atau diperjualbelikan.

4. Joomla + Virtuemart
Joomla + Virtuemart

Joomla adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat atau membangun sebuah website dinamis yang dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukungnya. Joomla termasuk dalam kategori aplikasi CMS (Content Management System) open source, artinya dapat Anda pergunakan dengan sebebas-bebasnya atau bebas untuk mengoperasikannya.

Joomla dapat dipadukan dengan plugin toko online bernama Virtuemart. Plugin ini memang dikhususkan untuk membuat toko online yang powerfull.

5. Wordpress + ECommerce atau WooCommerce
Wordpress + ECommerce atau WooCommerce

Siapa yang tidak kenal Wordpress, meskipun di awal kehadirannya ditujukan untuk membuat blog pribadi namun pelan tapi pasti Wordpress membuat CMS yang paling banyak digemari admin webmaster. Ternyata banyaknya dukungan plugin seperti WooCommerce membuat Wordpress mendapatkan hati tersendiri.

Wordpress merupakan CMS yang menang dalam urusan SEO (Search Engine Optimization), sehingga banyak pemilik toko online yang menggunakan CMS ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish