Site and learn your application

Jumat, 27 November 2015

8 Perintah Control Keyboard Untuk Mempercepat Kinerja Anda di Depan Komputer

Indo Amaterasu
Ide menulis artikel ini bermula ketika Saya hendak print skripsi di rental komputer yang ada di dekat Universitas Negeri Malang. Saya kagum dengan kemampuan mas penjaga rental yang tidak menggunakan mouse sama sekali ketika mengoperasikan MS Word dan MS Excel. Semua perintah control keyboard dia hapal seperi membuka Windows Explorer, perintah print, dsb. Kemudian Saya tanya kepasa mas tersebut gimana caranya, jawabnya "hanya membiasakan tanpa mouse mas".
8 Perintah Control Keyboard Untuk Mempercepat Kinerja Anda di Depan Komputer

Rasa penasaran membuat Saya ingin tahu, sehingga mengumpulkan perintah control keyboard dari berbagai sumber. Berikut ini perintahnya yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat kinerja di depan komputer:

1. Menutup windows dan tab
Jika Anda terburu-buru biasanya Anda bingung untuk menutup semua aplikasi yang Anda buka. Anda bisa menekan tombol ctrl+F4, maka semua aplikasi akan tertutup.

2. Berpindah aplikasi
Sangat jarang ketika menggunakan komputer, kita hanya membuka 1 aplikasi saja. Cara yang mudah tanpa harus menekan tombol minimize pada layar menggunakan ALT+TAB. Anda bisa memilih aplikasi mana yang akan Anda maximize dengan cara klik tab tersebut berkali-kali.

3. Membuka task manager
Sebenarnya aplikasi ini menyediakan informasi rinci tentang kinerja komputer, proses, aplikasi, memori, dan banyak lagi. Tetapi paling sering digunakan untuk menghentikan program yang 'not responding'. Tekan tombol CTRL+SHIFT+ESC atau CTRL+ALT+DEL secara bersamaan, maka task manager akan keluar.

4. Browser
Jika Anda sering membuka browser pada komputer Anda, shortcut-shortcut ini bisa sangat membantu. Jika Anda ingin membuka tab baru di browser, maka Anda hanya perlu tekan CTRL+TAB. Kemudian, ketika Anda ingin mengembalikan ke halaman yang sebelumnya di tab itu, Anda bisa menekan tombol ALT+LEFT, atau sebaliknya ALT+RIGHT.

Menekan F5 juga dapat digunakan untuk me-refresh halaman di browser Anda. Sedangkan jika browser lemot dan susah untuk di klik, maka gunakan CTRL+F5 untuk membersihkan berbagai tab yang telah Anda buka.

Mungkin Anda juga belom mengetahui bahwa menekan CTRL+L dapat membuat kursor langsung berada di link tab browser yang sedang Anda buka. Cara tersebut dapat Anda gunakan untuk mengedit link tersebut.

Browser Anda juga dapat secara otomatis menambahkan www dan .com pada kata yang Anda tulisan di halaman link browser dengan cara menekan tombol CTRL+ENTER. Contohnya kata facebook Anda ketikkan, kemudian klik CTRL+ENTER, maka link www. facebook.com yang sedang Anda buka.

5. Zoom in atau zoom out
Untuk memperbesar halaman yang sedang Anda buka, Anda bisa menekan tombol CTRL+plus(+), atau sebaliknya CTRL+minus(-) untuk memperkecil halaman.

6. Menyalin teks dengan cepat
Anda dapat memindahkan teks atau file dengan cepat dengan menggunakan perintah CTRL+A (untuk mengkopy) dan CTRL+V (untuk paste/ menyalin).

7. Perintah print dokumen
Untuk urusan mencetak dokumen dan foto sebenarnya ada cara cepat yaitu dengan memanggil printer dengan perintah CTRL+P. Maka menu dialog print muncul dan siap print.

8. Mematikan komputer denan cepat
Untuk mematikan komputer Windows, Anda tidak perlu menuju menu "Shutdown" tapi cukup dengan menekan tombol "ALT+F4".

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish