Site and learn your application

Senin, 13 Juli 2015

Istilah Yang Wajib Dipahami Dalam Jual Beli Online

Indo Amaterasu
Banyak istilah yang digunakan dalam jual beli online. Istilah-istilah tersebut kadang membuat bingung kita yang baru saja mengenal jual beli online. Istilah seperti Reseller, Droship dan sebagainya kadang membuat kita bertanya-tanya. "Saya ini beli online biar gak ribet kok malah nemuin istilah-istilah yang aneh dan baru saya lihat", begitu kira-kira gumaman kita dalam hari. Baiklah, berikut ini saya coba jabarkan pengertia dari istilah-istilah tersebut.
Istilah Yang Wajib Dipahami Dalam Jual Beli Online

1. Reseller
Reseller itu sebenarnya seperti agen atau distributor. Dilihat dari asal katanya, yakni resell yang menurut arti harfiahnya adalah menjual kembali. Jadi reseller bisa diartikan sebagai orang yang pekerjaannya menjual kembali barang yang dia beli atau sebagai perantara. Reseller bisa termasuk tangan pertama, kedua, dan seterusnya.

2. Suplier
Suplier merupakan tangan pertama (setelah produsen/ pabrik) dalam proses pembelian barang secara online. Suplier biasanya melakukan stok barang yang ditawarkan kepada reseller atau konsumen langsung berupa katalog foto dan harga.

3. Konsumen
Konsumen merupakan rantai terbawah dalam proses jual beli online. Konsumen bisa melakukan pembelian kepada reseller maupun langsung ke suplier. Konsumen bisa naik kasta menjadi reseller kalau mereka tertarik untuk memasarkan produk yang mereka beli.

4. Dropship
Dropship merupakan suatu cara pembelian atau penyampaian barang kepada konsumen. Dropship merupakan cara yang sering dilakukan oleh reseller dalam mengantarkan barangnya. Kalau diurutkan prosesnya, barang yang dibeli oleh konsumen membeli barang di reseller, kemudian reseller memesan barang ke suplier, suplier mengirimkan barang langsung ke konsumen atas nama reseller.

5. Transfer
Biasanya kata-kata ini sering disebut oleh reseller yang menjal ke konsumen. Biasanya reseller megatakan seperti ini,"setelah transfer harap menunjukkan bukti transfer ya". Kalau ada diantara kalian yang belum tahu istilah transfer, berarti kalian hidup di daerah yang sangat terpencil.

6. Ongkir
Masih saja ada konsumen yang bingung saat reseller menyebut kata ongkir. Padahal ongkir cuma singkatan dari Ongkos Kirim.

7. Resi
Resi juga masih jadi istilah baru bagi newbie dunia jual beli online. Biasanya reseller mengirimkan resi kepada konsumen setelah barang dikirim. Bangi konsumen yang bingung, pasti masih timbul pertanyaan, "itu apa ya?". Jawaban reseller pasti sama, "itu nomer pengiriman barang". Resi dikeluarkan oleh jasa pengiriman yang digunakan untuk mengirim barang dari suplier.

8. Agan
Yang terakhir istilah Agan atau Gan yang merupakan kata yang sering disebut oleh reseller kepada konsumennya. Agan merupakan kepanjangan dari kata Juragan yang merupakan istilah untuk menghormati konsumen.

9. COD atau Cash on Delivery adalah cara pembayaran yang dilakukan konsumen saat barang diantarkan oleh penjual. Sistem pembayaran ini berlaku jika pembeli dan penjual berada dalam satu kota atau masih terjangkau jaraknya.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish