Site and learn your application

Minggu, 12 Juli 2015

Memahami Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Indo Amaterasu
Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Excel, aplikasi ini pasti ditemui di Komputer Windows. Untuk pengguna Linux juga bisa menggunakan Microsoft Excel dengan menggunakan Wine. Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet. Pada awal dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office. Namun sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan kantor dewasa ini.
Memahami Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows. Dalam aplikasi ini tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur kalkulasi yang sifatnya agresif dan progresif. Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.

Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika. Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.

Sampai saat ini Microsoft Excel sudah sampai pada versi 2013, sedangkan saya sendiri masih menggunakan versi 2007. Yah meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya dibedakan fitur yang pasti lebih baik dibanding versi terdahulu. Pada Microsoft Excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari, Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain:
  1. Membuat sebuah laporan keuangan
  2. Membuat Daftar Nilai
  3. Membuat daftar hadir
  4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
  5. Menghitung Kurs Mata Uang
  6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
  7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
  8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
  10. Menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish