Site and learn your application

Rabu, 01 Juli 2015

Padamu.siap.web.id Siap Diambil Alih Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud

Indo Amaterasu
Seperti yang kita ketahui bahwa situs Padamu Negeri Siap yang beralamatkan http://www/padamu.siap.web.id adalah web aplikasi yang digunakan untuk penjaringan data guru dan tenaga kependidikan. Jadi semua informasi yang berhubungan dengan data guru akan disimpan di portal Padamu Negeri.

Sebenarnya siapa yang memiliki/ mengelola situs Padamu Negeri sampai sekarang masih menjadi pertanyaan. Wajar saja para pengmat internet kebingungan, kalau dikelola pemerintah pasti beralamatkan go.i bukan web.id. Domian web.id pada padamu.siap.web.id menandakan bahwa situs tersebut dikelola oleh individu. Jadi bisa dipastikan portal Padamu Negeri bukanlah situs resmi pemerintah.
Portal Padanu Negeri Siap
Portal Padanu Negeri Siap

Bisa juga Padamu Negeri dibangun oleh orang yang peduli dengan data pendidikan, sehingga membuat web aplikasi untuk menginput data guru. Padamu Negeri merupakan partner Kemendikbud meskipun keabsahannya masih dipertanyakan. Padamu Negeri bisa juga merupakan proyek kemendikbud dengan pengelola website untuk membuat aplikasi web guru. Sungguh morat-marit tata kelola negeri ini, maka dari itu GTK (Guru dan Tenaga Kerja) mengantisipasi semua data guru yang tidak di input di data dapodik dilua tanggung jawabnya.

Berdasarkan surat edaran Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Nomor 16587/B/PTK/2015 tertanggal 29 Juni 2015 perihal Surat Edaran tentang Penggunaan Dapodik Dalam Pendataan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Kepala LPPKS (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah), Kepala LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan), dan Kepala Sekolah TK, Kepala Sekolah SD/SDLB, Kepala Sekolah SMP/SMPLB, dan Kepala Sekolah SMA/SMALB/SMK di seluruh Indonesia dan SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri).

Berikut isi surat edaran Dirjen GTK tersebut selengkapnya :
(Klik untuk memperbesar)

Sehubungan dengan pelaksanaan Instruksi Menteri Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan dan surat edaran Mendikbud Nomor 0293/MPK.A/PR/2014 yang menyatakan bahwa tidak ada lagi penjaringan data di luar sistem pendataan Dapodik. Maka sekretaris Jenderal Kemdikbud telah mengeluarkan Surat Keterangan Penugasan untuk Tim Ad hoc yang tugasnya menyatukan data Padamu Negeri dengan Dapodik.

Kami sampaikan bahwa sejak ditetapkannya surat ini maka pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan wajib menggunakan Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itu, aplikasi Padamu Negeri yang selama ini digunakan untuk penjaringan data guru dan tenaga kependidikan dinyatakan tidak dioperasionalkan lagi. Dengan demikian hal-hal yang terkait dengan kegiatan yang mengatasnamakan pendataan Padamu Negeri tidak menjadi tanggung jawab Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Selanjutnya, dalam surat edaran tersebut disampaikan pula tembusan kepada : Sekretariat Jenderal Kemdikbud, Inspektur Jenderal Kemdikbud, Dirjen Dikdasmen, Dirjen PAUDNI (Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal), Kepala PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan), Kepala Pustekom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan), dan Staf Khusus Mendikbud Bidang Pendidikan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish