Site and learn your application

Jumat, 27 November 2015

Penyebab Jam Komputer Selalu Berubah-Ubah dan Cara Mengatasinya

Indo Amaterasu
Pernahkan Anda mengalami kejadian bahwa jam komputer mulai tidak normal lagi? Sudah menyesuaikan dengan mengganti sesuai jam dimana lokasi Anda tinggal, namun setelah komputer dimatikan kemudian dinyalakan kembali jamnya selalu berubah. Sebelum menginjak ke problem solving alangkah sebaiknya bila paham dulu penyebab jam tidak normal pada komputer.
Penyebab Jam Komputer Selalu Berubah-Ubah dan Cara Mengatasinya

Di dalam komputer dekstop/ netbook ada yang namanya komponen bernama baterai CMOS. Baterai CMOS berfungsi menyimpan data pada BIOS, seperti pengaturan BIOS dan jam komputer. Baterai CMOS mampu bekerja tanpa dialiri arus listrik, seperti sifat baterai pada umumnya bahwa daya tahan baterai itu ada masanya. Bisa dibayangkan kalau baterai CMOS habis pasti tidak bisa menyimpan settingan jam komputer, akhirnya jam selalu berubah-ubah ketika komputer dinyalakan kembali.
Baterai CMOS pada Notebook/ Laptop
Baterai CMOS pada Notebook/ Laptop

Baterai CMOS pada Motherboad komputer dekstop
Baterai CMOS pada Motherboad komputer dekstop

Penyebab habisnya baterai CMOS sangat beragam mulai dari habisanya masa baterai karena umurnya sudah lama, bisa juga baterai habis sebelum masanya. Rusaknya baterai netbook/ atau sering matinya komputer karena tegangan listrik tidak setabil mempengaruhi cepat rusaknya baterai CMOS. Kebanyakan yang dialami para pengguna, bagi netbook/ laptop yang jam komputernya berubah-ubah pasti baterai laptopnya rusak.

Cara mengatasi jam komputer yang selalu berubah-ubah
Seperti yang indoamaterasu uraikan di atas cara mengatasinya cukup mudah, dengan mengganti baterai CMOS. Baterai ini mudah ditemukan di toko komputer seluruh Indonesia, atau Anda bisa membelinya di toko online.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish