Sunday, July 12, 2015

Perlukah Antivirus di Windows 10 dan 8 ?

Virus merupakan momok yang paling menakutkan dan ingin segera dijahui oleh para pengguna komputer. Dengan virus data Anda akan hilang, file rusak, file dupikat tamnbah banyak, komputer jadi lemot, dan lain sebagainya. Sedangkan Antivirus merupakan software senjata melawan virus, keduanya mempunyai hubungan dari segi bisnis. Tidak ada virus maka antivirus pun tidak ada.

Antivirus banyak digunakan oleh pengguna komputer Windows, sedangkan di Linux dan Mac OS tidak perlu menggunakan antivirus karena tidak bisa menyebar.  Dari tahun-ketahun Microsoft telah berexperimen menyempurnakan antivirus buatanya yang diberi nama Microsoft Security Essentials. Antivirus ini cocok dipasang di komputer Windows, dan kehandalannya tak perlu diragukan lagi.

Windows 8 dan 10 datang dari penyempurnaan Windows sebelumnya, salah satunya fokus bidang keamanan. Windows 8 dan 10 diklaim kebal terhadap virus, spyware dan malware. Lalu perlukan menggunakan antivirus di Windows 8 dan 10?? untuk menjawabnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Windows 8 dan 10 telah dilengkapi Antivirus bernama Windows Deffender. Sedangkan Microsoft Secuirty Essentials hanya tersedia untuk Windows XP, Vista, dan 7. File Updatenya sama baik itu Windows Deffender dan Microsoft Scurity Essential.

Windows Deffender mempunyai banyak keunggulan dibandingkan antivirus berbayar lainnya, salah satunya sistem guard yang aktif realtime. Pengguna tidak perlu melakukan scan harddisk, maupun USB Flasdish, karena dengan sendirinya akan mendeteksi virus bila ditemukan.

Widows Deffender memang tidak memberikan pilihan klik kanan file/ folder untu scan. Windows Deffender aktif sendiri dan hanya perlu update rutin supaya komputer Anda kebal virus. Cara melihat dimana letak Windows Deffender silahkan buka Control Pannel, kemudian pilih Windows Deffender.
Windows Deffender
Tampilan Windows Deffender Widows 10 & 8

2 comments


EmoticonEmoticon