Site and learn your application

Rabu, 15 Juli 2015

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Layar Komputer

Indo Amaterasu
Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai aktivitas tinggi di depan komputer? tentunya berlama-lama di depan layar monitor dapat membuat umur mata Anda cepat tua (sakit mata sebelum tua). Sebaiknya berhati-hatilah dengan menyayangi mata meskipun itu pekerjaan yang penting bagi Anda. Apalagi sekarang ini banyak anak muda yang sudah memakai kaca mata karena hobi ngegame sampai lupa waktu untuk istirahat.
Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Layar Komputer

Tandanya mata capek di depan monitor ditandai dengan sakit kepala, mata berkunang-kunang, dan mata menjadi pedih. Bila ketiga tanda tersebut muncul sebaiknya Anda mengistirahatkan mata sejenak. Berikut ini tips menjaga kesehatan mata di depan layar monitor agar tidak sakit:

1. Ganti Layar Monitor
Tips ini dianjurkan bila Anda masih memakai layar monitor tabung, karena monitor tabung mempunyai radiasi tinggi yang membuat mata pedih. Ganti layar monitor menggunakan LCD, atau LED yang memiliki kedalaman warna tinggi dan sejuk di mata.

2. Aktifkan Screen Saver
Screen Saver merupakan aplikasi penampil gambar pada dekstop komputer, aplikasi ini merupakan bawaan paket installasi Windows. Dengan mengaktifkan screen saver secara tak sadar dapat membuat mata beristirahat. Misalnya Anda sedang fokus mengerjakan kode pemrograman dan tidak berkedip maka ketika screen saver muncul mata Anda akan memalingkan kefokusan Anda.

3. Usahakan Sering Berkedip
Bila mata Anda mulai merasa panas dan berkunang-kunang sebaiknya gunakan untuk berkedip. Menurut penelitian oleh para ilmuwan sesuai survei standar mata sehat adalah mata yang berkedip tidak kurang dari 15.000 kali kedipan. Oleh karena itu, jika Anda fokus di depan layar, sebaiknya sempatkan waktu untuk mata berkedip. Mata yang berkedip akan memproduksi suatu cairan mata yang berfungsi mencegah mata kering.

4. Kurangi Kecerahan Layar Monitor
Sinar pada layar monitor sangat mempengaruhi fleksibilitas mata, oleh karena itu kurangi kecerahan sinar pada layar monitor tersebut. Jika Anda memandang layar tersebut selama berjam-jam jangan memaksakan untuk mencerahkan layar dengan kecerahan maksimal. Anda harus menyeimbangkan cahaya pada layar monitor anda agar seimbang dengan cahaya lampu dan tidak lebih terang dari cahaya lampu di sekitar
ruangan Anda.

5. Istirahatkan Sejenak Mata Anda
Jangan paksakan mata Anda untuk melihat terus ke layar monitor. Biarkan kemampuan akomodasi mata Anda kembali rileks seperti semula. Hal ini agar mencegah kelelahan yang timbul dari mata Anda. Caranya sangat mudah yaitu alihkan perhatian mata Anda ke sebuah objek yang agak jauh agar untuk menyeimbangkan kemampuan akomodasi mata Anda. Tidak harus jauh-jauh cukup objek dengan jarak 5-10 meter saja selama 20 menit.

6. Atur Ketinggian dan Jarak Layar Monitor
Aturlah ketinggian dan jarak layar monitor komputer atau laptop Anda. Saya sarankan Anda mengatur ketinggian layar monitor tersebut dengan ketinggian 2 sampai 5 cm lebih rendah dari mata jika. Sebab hal ini dapat mengurangi stres pada kornea mata yang kita tahu bahwa kornea merupakan bagian mata yang vital jika terkena radiasi cahaya.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish