Site and learn your application

Senin, 13 Juli 2015

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Afiliasi

Indo Amaterasu
Macam-macam bisnis online itu ragamnya sangat banyak, seperi jual beli online, pembuatan website online, konsultasi online, dan bisnia afiliasi. Belakangan ini bisnis online banyak diminati anak muda karena modal untuk menjalankan bisnis ini sangat kecil, yang diperlukan hanyalah komputer/ netbook dan modem untuk terhubung internet. Anda juga bisa menggunakan smartphone dan warnet untuk melancarkan bisnis Anda.

Salah satu bisnis online yang tidak membutuhkan skill tinggi dan modal adalah bisnis afiliasi. Afiliasi adalah bisnis oline dengan memasarkan produk milik orang lain. Pembagian upahnya berdasarkan jumlah produk yang berhasil terjual. Bisnis ini sangat mudah dijalankan, bila Anda tidak mempunyai blog bisa memasarkannya di Facebook, WhatsApp, dan BBM.

Yang menawarkan bisnis online ini diantaranya Oriflame dengan beberapa produknya, dan Pandi penyedia nama domain Indonesia, serta masih banyak yang lainnya. Keberhasilan bisnis afiliasi ditentukan oleh partner Anda, partner harus benar-benar dapat dipercaya dan mempunyai tanggung jawab untuk membayar upah ke penjual.

Menjalankan salah satu metode bisnis online yang disebut program afiliasi, ada beberapa tips yang perlu dilakukan, bahkan sebelum mencari patner usaha. Adapun beberapa hal yang patut anda pelajari adalah:
  1. Apakah situs utama menjalankan cache pada program ini? Dan berapa lama cache tersebut expired? Mengapa penting? Karena program internet marketing ini biasanya mensyaratkan transaksi terjadi di situs utama. Dan teknisnya adalah fee diberikan jika terjadi transaksi dari pelanggan yang datang dari url khusus. Jika tanpa cache, maka pada saat terjadi penundaan pembelian produk atau jasa, maka hasilnya dianggap bukan untuk anda. Apalagi, dalam bertransaksi online, sangat jarang terjadi di waktu yang sama dengan kunjungan pertama oleh pelanggan. Yang namanya membanding-bandingkan produk sebelum transaksi online, selalu dilakukan oleh 99% calon pembeli.
  2. Tips yang kedua, hindari pemakaian atribut material promosi yang bertuliskan nama website utama. Kadang pengelola bisnis afiliasi memasang banner dengan propaganda yang menarik tetapi tetap ingin beriklan gratis di situs anda. Hal ini tentu merugikan anda sebagai pebisnis online pemula.
  3. Terkait dengan poin ke 2 di atas, warning tersebut agar lebih diperhatikan, jika anda menjalankan bisnis afiliasi hosting, penjualan template atau ebook tutorial bisnis online. Mengapa? Karena market dari produk-produk tersebut sebagian besar cukup paham teknis afiliasi sehingga beberapa oknum cukup pelit untuk datang melalui materi promo yang anda pasang. Hal ini sama juga kalau anda bermain adsense pada blog niche tutorial seo dan blogging, biasanya miskin klik, bukan? Beda halnya jika afiliasi tiket pesawat atau kamar hotel. Karena biasanya pengunjung situsnya pada umumnya adalah masyarakat biasa yang tidak menyadari keberadaan program afiliasi.
  4. Tips terakhir, jika cache cukup panjang, misalnya hingga 6 bulan hingga 3 tahun, ini merupakan keuntungan anda dan jangan persempit market hanya dari pengunjung blog. Sebarkan link sebanyak-banyaknya, gunakan social media, situs iklan gratis, kolom komentar blog orang lain, dll. Cache yang tersimpan lama adalah potensi meraih pelanggan lebih banyak dan biasanya hasilnya lumayan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish