Site and learn your application

Sabtu, 01 Agustus 2015

7 Perbedaan Windows 10 Dengan Windows Sebelumnya

Indo Amaterasu
Akhirnya Windows 10 yang telah ditunggu lama oleh publik release juga untuk versi final yaitu Windows 10 Home Edtition, Profesional, dan Enterprise. Secara mengejutkan Microsoft merombak hampir 50% menu dan tampilan Windows 10 bila dibandingkan versi sebelumnya.

Windows 10 versi final mempunyai beberapa perbedaan bila dibandingkan Windows 10 Technical Preview, padahal itu merupakan versi uji coba ke publik dan asumsi Saya tidak jauh dari itu. Saya rasa Windows 10 perfomanya sedikit lebih berat dari Windows 8, hal ini dikarenakan adanya fitur Task View dan tampilan grafis yang lebih menawan.
Windows 10 Review

Setidaknya ada 8 perbedaan Windows 10 bila dibandingkan Windows sebelumnya. Berikut ini ulasan yang indoamaterasu coba dan rangkum untk perbedaanya:

1. Widows Log In
Saat pertama kali komputer dinyalakan maka akan disambut Windows Log In, yang berisi User Name dan Password. Bisa dibilang tampilan Windows Log In ini lebih menawan bila dibandingkan Windows sebelumnya dimana muncul gambar jendela Windows yang disorot cahaya.
Widows Log In

2. Kembalinya Menu Shutdown
Microsoft sempat menghilangkan menu Shutdown "Power" dan menyembunyikannya pada sidebar sebelah kanan pada Windows 8. Kini pada Windows 10 dimunculkan kembali, dan letaknya mudah dicari yaitu dengan klik logo bendera "Windows".
Kembalinya Menu Shutdown pada Widows 10

3. Adanya Fitur Task View 
Fitur Task View mampu menampilkan  program apa saja yang dibuka saat itu juga. Tampilannya kotak-kotak sesuai dengan tema Windows ala metro. Cara menjalankannya cukup menggerakkan kursor ke taskbar Windows.
Adanya Fitur Task View Windows 10

4. Pencarian Lebih Cepat
Microsoft meletakkan kotak pencarian pada taskbar Windows 10 disamping logo bendera Windows. Anda tidak perlu menelusuri aplikasi satu persatu bila ingin membukanya dan cukup dengan mengetikkan kata kunci file atau aplikasi yang ingin dicari/ buka.
Pencarian Lebih Cepat

5. Tampilan Menu Windows 10 Urut Sesuai Abjad
Pada Windows 10 daftar menu ditampilkan berdasarkan huruf abjad dengan label A, B, C, D, dan seterusnya. Kelihatannya memang sedikit membingungkan bila pertama kali menggunakan Windows 10.
Tampilan Menu Windows 10 Urut Sesuai Abjad

6. Personalisation 
Personalisation adalah tempatnya mengatur tampilan dekstop Windows seperti background, colours, look screen, theme. Pada Windows 10 Personalisation tampilannya lebih cantik dan mudah dipahami.
Personalisation Windows 10

7. Hilangnya Control Panel
Saya sempat tekejut ketika ingin menguninstall program karena Control Panel hilang/ tidak ada. Sebagai gantinya Microsoft menggantinya sengan "Settings". Programnya tidak selengkap Control Panel dan memang membingungkan. Bila ingin mengunistall program sebaiknya gunakan program dari pihak ketiga seperi iObit Uninstaller.
Hilangnya Control Panel pada Windows 10

Demikian review 7 perbedaan Windows 10 bila dibandingkan Windows sebelumnya. Semoga sedikit dapat memberikan gambaran tentang Windows 10.

5 komentar:

  1. Asik nih kabarnya juga udah beredar ya, apa memang digratiskan Kalau yang gratis itu versi beta apa final ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang gratis versi uji coba gan, Windows 10 Technical Preview. Kalo untuk final harus bayar hehe. Buruan coba Windows 10 gan hehe.

      Hapus
  2. Ada kok gan control panelnnya. Coba cari di fiture search

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan memang ada kok, letaknya tersembunyi

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish