Site and learn your application

Selasa, 18 Agustus 2015

Cara Cepat Mengganti IP Address dan MAC Address Komputer

IP Address dan MAC Address erat kaitannya dengan jaringan komputer. Keduanya menunjukan masing-masing alamat, seperti alamat IP dan alamat MAC Address. IP Address merupakan alamat komputer yang menghubungkan komputer satu dan yang lainnya, sedangkan MAC Address merupakan alamat yang ternaman pada adapter jaringan. Keduanya memiliki angka unik, dan tidak ada yang sama antara komputer A dan komputer B.

Sebelum membahas tentang "Cara Mengganti IP Address dan MAC Address Komputer" sebaiknya Anda paham dulu apa itu pengertian keduanya.

IP Addres
IP (Internet Protocol)  adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain, IP Address terdiri dari 4 Blok, setiap Blok di isi oleh angka 0 - 255. Contoh IP Address seperti 192.168.100.1 , 10.57.38.223 , ini adalah IPv4.

IP Address Memiliki 2 bagian, yaitu Network ID dan Host ID , contoh 192.168.100.1 , secara default Net ID nya adalah 192.168.100 dan Host ID nya adalah 1, agar komputer bisa saling terhubung , IP yang digunakan Net ID nya harus sama, dan Host ID nya harus berbeda. Agar mudah ngerti, Net ID adalah nama jalan dan Host ID adalah nomor Rumah, jadi Jln. Diponegoro No 3 , jika nama jalan dari beberapa orang sama, maka nomor rumah mereka tidak mungkin sama.

MAC Address
MAC Address, merupakan singkatan dari “Media Access Control”, adalah sebuah identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap network card komputer, atau switch, atau router, atau access point, atau apapun yang mungkin dihubungkan ke jaringan. (Jaringan di sini dalam arti jaringan ethernet yang umumnya dipakai di kantor-kantor/ sekolah/ rumah).

Apabila sebuah komputer memiliki dua buah network card, maka komputer tersebut juga tentunya memiliki dua buah MAC Address. Tentunya, secara tidak kita sadari, semua notebook rata-rata memiliki dua buah network card, yaitu network card wired (RJ-45), dan network card wireless (802.11b).

MAC Address dibuat dan diberikan oleh pabrik pembuat NIC (Network Interface Card) dan disimpan secara permanen pada ROM (Read Only Memory) perangkat tersebut. MAC address juga biasa disebut Ethernet Hardware Address (EHA), Hardware Addres, atau Physical Address.

MAC Address memiliki panjang 48-bit (6 byte). Format standard MAC Address secara umum terdiri dari 6 kelompok digit yang masing-masing kelompok berjumlah 2 digit heksadesimal. masing-masing kelompok digit dipisahkan tanda (-) atau (:), misalnya 01-23-45-67-89-ab atau 01:23:45:67:89:ab.

Cara Cek IP Address

1. Bukan CMD (Command Prompt), kemudian ketik "ipconfig" tanpa tanda petik. Kemudian Enter

2. Perhatikan gambar berikut ini (klik gambar untuk melihat yang lebih besar). Alamat IP ada pada "IPv4 Address..... : 172.168.0.12

Cara Cek MAC Address

1. Buka CMD (Command Prompt), kemudian ketik "ipconfig /all" tanpa tanda petik. Lalu Enter

2. Bila Anda menggunakan 3 adapter jaringan sekaligus seperti Ethernet, Wifi, dan Bluetooth, maka MAC Addressnya ada 3.

Baca:

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish