Site and learn your application

Rabu, 19 Agustus 2015

Cara Memasang Sticker di Kaca, Helem, dan Motor

Indo Amaterasu
Pastinya Anda sering melihat stiker yang terpasang pada kaca mobil, sepeda motor, dan helem, yang terpasang rapi dan halus. Namun ketika kita mencoba memasang stiker pada benda tersebut pasti tidak rapi, banyak gelembung udara, sehingga kesannya tidak profesional. Ternyata urusan pasang-memasang sticker bukan perkara mudah hehe.

Maka dari itu pada kesepatan kali ini indoamaterasu membagikan tips memasang sticker pada kaca atau helem supaya terpasang rapi. Sebelum ke tahap pemasangan, sebaiknya Anda siapkan peralatan tempurya.

1. Rakel (perata karet)
Bilan Anda tidak mempunyai rakel, maka bisa menggunakan kape yang dilapisi kain kanebo.
Rakel (perata karet)

Kape

2. Spray gun berisi air bersih + sabun cair/ shampo
Penggunaan sabun/ shampo jangan terlalu banyak supaya sticker tidak terlalu licin dan bisa cepat kering.
Spray gun berisi air bersih + sabun cair/ shampo

3. Korek Api atay Hair Dryer
Korek Api atay Hair Dryer

Korek Api atay Hair Dryer 2

 4. Kanebo/ lap
Kanebo/ lap



Cara Memasang Sticker:
  1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan helm/ benda dengan permukaan yang tidak rata yang akan di pasang sticker (jangan ada debu/ kotoran/ minyak). Kalau permukaan helm/ permukaan yang tidak rata yang akan Anda tempel stickernya tidak terlalu kotor, Anda bisa menggunakan detergen atau sabun cuci piring, tapi kalau permukaan helm/ permukaan yang tidak rata yang akan Anda tempel stickernya mengandung minyak, grease, wax atau silicon, Agan bisa menggunakan alcohol atau methanol. Setelah itu lap dengan kain bersih/ kanebo.
  2. Semprot/ basahi terlebih dahulu permukaan helm/ benda yang tidak rata yang akan di tempelkan sticker dengan menggunakan spray yang sudah di isi dengan air sabun/ shampo, tapi lebih disarankan penggunaan shampo. Fungsi dari air sabun/ shampo ini supaya sticker bisa digeser sesuai keinginan kita, selain itu untuk mengurangi goresan akibat tekanan rakel dan untuk mengurangi resiko timbulnya gelembung udara/ air bubble pada sticker yang di tempelkan.
  3. Buka release paper (lapisan belakang sticker) sambil semprot dengan air sabun/ shampo agar debu tidak menempel di bagian yang ada lemnya
  4. Tempel sticker pada helm / benda sesuai dengan selera Anda & imajinasi/ ide Anda
  5. Semprot permukaan sticker dengan menggunakan spray yang berisi air sabun/ shampo yang telah kita siapkan tadi
  6. Tekan secukupnya dan gesek sticker dengan rakel yang telah kita siapkan tadi untuk mengeluarkan udara (Harap berhati-hati & pelan-pelan supaya sticker tidak rusak)
  7. Jika permukaan terlalu lengkung bisa dibantu dengan cara pemanasan menggunakan heat gun
    (heat gun dapat diganti dengan menggunakan hair dryer/ korek api gas)
  8. Pemanasan hanya bertujuan untuk membuat sticker menjadi lebih lentur, jadi jangan terlalu panas & jangan terlalu lama, karena dapat menyebabkan lem sticker terlepas, bahkan merusak permukaan sticker
  9. Tekan dan gesek permukaan sticker sampai seluruh udara dan air dibawah sticker keluar
  10. Selesai, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish