Site and learn your application

Kamis, 27 Agustus 2015

Pengertian Konseling Kelompok

Indo Amaterasu
Jenis-jenis Konseling dalam Bimbingan Konseling ada dua yaitu konseling individual dan konseling kelompok. Kedua mempunyai cakupan jumlah konseli yang berbeda-beda, untuk konseling kelompok umumnya lebih dari 2 orang. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang konseling kelompok, sebaiknya Anda paham dulu apa itu konseling kelompok.


Pengetian Konseling Kelompok Menurut Para Ahli:

1. Konseling Kelompok menurut (Hansen, Waner, & Smit, 1980)
Konseling Kelompok merupakan suatu proses antar pribadi yang melibatkan seorang konselor dan beberapa anggota kelompok yang mengeksplorasi diri mereka sendiri dan situasi mereka dalam upaya mengubah sikap dan perilaku mereka.

2. Konseling Kelompok menurut Harper (1981)
Konseling Kelompok suatu aktivitas kelompok yang memberikan layanan layanan konseling terhadap dua orang konseli atau lebih dengan tujuan menangani masalah-masalah penyesuaian diri dan masalah perkembangan.

3. Konseling Kelompok menurut Myrick (1993)
Konseling Kelompok merupakan pengalaman pengalaman pendidikan yang unik yang di dalamnya konseli bekerja sama untuk mengeksplorasi gagasan, sikap, perasaan, dan perilaku mereka, khususnya yang berkaitan dengan perkembangan pribadi dan kemajuan di sekolah.

4. Konseling Kelompok menurut Georgr & Dustin (1998)
Konseling Kelompok adalah penggunaan interaksi kelompok untuk memfasilitasi pemahaman diri dan perubahan tingkah laku individu.

Kesimpulan Pengertian Konseling Kelompok
Dari beberapa definisi tersebut dan definisi konseling kelompok yang lain dapat dikemukakan bahwa konseling kelompok adalah proses pemberian bantuan yang diberikan konselor sebagai pemimpin kelompok terhadap konseli sebagai anggota kelompok melalui suasana kelompok dengan tujuan membantu mereka baik yang bersifat pencegahan maupun pengatasan masalah yang dihadapi sehingga mereka dapat mengubah perilaku untuk mencapai perkembangan optimal dalam bidang kehidupan pribadi, sosial, akademik, dan karir mereka

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish