Site and learn your application

Minggu, 30 Agustus 2015

SSD Intel Optane Mempunyai Kecepatan 7 Kali Lebih Cepat Dari SSD Biasa

Indo Amaterasu
Maraknya penggunaan storage device SSD (Solid State Drive) akhir-akhir ini membuat Intel terus mengembangkan SSD dengan kecepatan tinggi. SDD terbaru buatannya diberi nama kode Optane, SSD ini diklaim mempunyai kecepatan 7 kali lebih cepat dari SSD biasa.

Bisa dibayangkan bila SSD ini dipasang WIndows 8 dan 10 pasti bootingnya hanya 1 detik saja. Perlu Anda ketahui SDD adalah harddisk dengan tingkat keamanan tinggi. SSD tahan goncangan, beda dengan harddisk biasa yang cepat rusak. Beberapa konsumen yang pernah mencoba SSD puas dengan perfoma dan keawetan yang di tawarkannya.
Intel Optane

Intel sedang mengembangkan jenis SSD terbaru bernama Optane, yang direncanakan rilis pada tahun 2016 mendatang. Intel menyatakan bahwa memori pada drive Optane bisa menjalankan hingga 1000 kali lebih cepat dari flash NAND yang digunakan oleh SSD masa kini. Mengacu pada AnandTech,  drive Optane akan tersedia pada form factor PCIe SSD dan DIMM.

SSD Optame merupakan hasil pengembangan dari teknologi bernama bernama 3D XPoint, yang sedang dikembangkan oleh Intel dan Micron. Seperti flash memori, teknologi terbaru ini juga non-volatile, artinya data tersimpan aman meskipun power dalam keadaan mati. Pada drive Optane, individual data cells tidak membutuhkan transistor yang besar dan mewah untuk menulis atau membaca data, karena ukuran cell yang kecil. Drive Optane seharusnya juga lebih tahan banting dari drive yang beredar sekarang, karena banyaknya performa dari write cycles tidak berdampak secara signifikan untuk drive. Ketahanan dari drive Optane memang harus bandel, mengingat drive ini memiliki speed yang lebih cepat.
3D XPoint

Intel melakukan demo pertama dari teknologi 3DXpoint pada Intel Developer Forum kemarin. Mengadu drive terbaru dengan SSD P3700 kelas high-end (read speed hingga 2700 MB/s). Drive terbaru berhasil menunjukan performa 7 kali IOPS (input output per second) yang lebih cepat dari P3700. Kita akan tunggu dan lihat performa lebih lanjut dari drive Optane saat di rilis 2016 nanti.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish