Site and learn your application

Jumat, 04 September 2015

5 Aplikasi Instant Message Buatan Anak Negeri

Indo Amaterasu
Tingginya angka pertumbuhan pengguna smartphone Android yang dibarengi maraknya penggunaan aplikasi Instant Message (pesan instan) seperti WhatsApp, Line Messenger, dan BBM, membuat deveolper dalam negeri ikut serta menciptakan aplikasi pesan singkat ini.

Memang terbukti dengan adanya aplikasi Instant Message pengguna SMS turun drastis dan beralih ke aplikasi tersebut. Tingginya angka pengguna media sosial tentu tak dapat dilepaskan dari faktor semakin banyaknya masyarakat pengguna smartphone dan jangkauan layanan internet yang semakin luas dari berbagai provider. Kondisi itulah yang menjadi tantangan sekaligus peluang bisnis bagi anak muda kreatif untuk membuat aplikasi Instant Message.

Berikut ini 5 aplikasi TOP Instant Message buatan anak negeri:

1. GGM (Greget Messenger)
Greget Messenger ini dibuat oleh seorang mahasiswa yang saat ini masih duduk di bangku kuliah, di salah satu universitas di Semarang dan bersama timnya aplikasi ini dirilis pada akhir januari kemarin gan.

Yang bikin unik dari aplikasi ini adalah konsep teman dan interaksi sosialnya yang beda dari media chat maupun media sosial lainnya gan. Kalau biasanya media chat lain yang kita lihat, kebanyakan membatasi interaksi antar usernya dengan cara harus mengetahui pin mereka terlebih dahulu lalu dengan persetujuan antar 2 user tersebut mereka baru bisa berinteraksi (gamblangnya harus add pin/teman terlebih dahulu baru bisa ngobrol).
GGM (Greget Messenger)

Greget Messenger mengambil konsep yang berlawanan. Setiap user di sini akan bebas mengobrol dengan orang lain semaunya, yang perlu kita ketahui cuma nama panggilan orang yang mau kita ajak ngobrol, lalu kita akan bisa ngobrol dengan orang tersebut secara langsung tanpa harus menunggu persetujuan.

Walau begitu di sini ada setting untuk membuat akun Anda menjadi akun pribadi, dimana orang tertentu dan yang disetujui agan sendiri aja yang bisa ngobrol/berinteraksi dengan agan. Yang tak kalah menariknya di sini ada banyak cara untuk nemuin temen gan, bisa dari search nama, search nomor hp, trus ada juga fitur untuk cari orang di sekitar, trus cari orang secara acak, ada juga cari teman facebook, twitter, trus ada suggestion friendnya juga, ditambah lagi ada fitur sync contact layaknya whatsapp.

Selain fitur penambahan teman yang segudang, di sini juga disediain fitur sosial, ada timelinenya, trus ada sistem followers, repost, reply, mention temen, dsb.

2. IMES (Indonesia Messenger)
Aplikasi ini dibuat oleh PT. Gobsindo Utama, aplikasi yang disebut dengan nama IMES itu diluncurkan di Jakarta, bulan Februari yang lalu.

Fitur unggulan yang ditampilkan IMES antara lain kemampuan mentransfer file hingga 250 MB ke sesama penggunanya, serta grup contact yang mencapai 2000 member. IMES juga memiliki konsep untuk mengkombinasikan chatting, tweet, dan social network lainnya.

IMES (katanya) memerlukan konektivitas jaringan 4G LTE untuk koneksi internet yang sangat cepat. Untuk itu, PT Gobsindo bekerja sama dengan para provider di Indonesia untuk memberikan layanan 4G kepada penggunanya.

3. Catfiz
Aplikasi ini dikembangkan oleh PT. Duniacatfich Kreatif Media, Surabaya. Di Catfiz, setiap pengguna yang mendaftar mendapatkan nomor ID unik yang dapat didistribusikan dan digunakan untuk menambah teman, mirip dengan fungsi PIN pada BBM. Agan bisa mengirim pesan, voice note, pesan video, sticker dan mengubah tema. Sisi desain dan estetika aplikasi ini cukup bagus. Catfiz memiliki dua fitur unik: saat WhatsApp membatasi hingga 50 pengguna dalam fitur group chat, group function Catfiz yang bernama Pools memungkinkan 1.000 pengguna terlibat dalam sebuah percakapan yang sama.

Catfiz

Fitur asli lainnya adalah layanan cloud built-in, yang memungkinkan Agan meng-upload file sampai dengan 50MB untuk di-share dengan teman-teman Agan. Dengan ini, Agan tidak lagi perlu melakukan re-upload file jika Agan ingin mengirimkannya ke orang yang berbeda, karena file tersebut sudah tersimpan di cloud.

4. Stealth Chat
Aplikasi ini dikembangkan oleh Rockliffe System yang kantor pusatnya bermarkas di California Amerika Serikat. Stealth Messenger dirancang khusus untuk berfokus pada security & privacy bagi para pengguna layaknya berbicara face-to-face.

Meski kantor pusatnya berada di Amerika, ternyata yang mengembangkan aplikasi ini adalah anak bangsa. Rocliffe memiliki kantor di Indonesia tepatnya di bilangan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta. Proses pembuatannya sepenuhnya melibatkan tim developer dari Rockliffe Indonesia sehingga dapat dikatakan bahwa Stealth Messenger adalah hasil karya anak Bangsa.
Stealth Chat

Rockliffe sesumbar bahwa Stealth adalah salah satu aplikasi chat teraman yang mempunyai 3 lapis keamanan yang dikembangkan dari hasil team engineer terbaik dan berpengalaman. Aplikasi dirancang untuk dapat dioperasikan dengan cepat dan efisien di perangkat Android dengan spesifikasi terendah termasuk pada jaringan selular yang buruk.

Stealth sendiri saat ini masih mengadopsi bisnis model freemium dengan jumlah pengguna aktif sekitar 5000 pengguna tersebar diseluruh dunia. Jika dilacak di Google Play Store, komentar dari pengguna pertama kali pada 17 Juli 2014 dan saat inipun masih di versi 1 sehingga usianya belum genap 1 tahun. Walaupun masih terbilang baru di Indonesia, Rocliffe yakin Stealth dapat menjadi warna baru di dunia aplikasi chatting khususnya di Indonesia.

5. IyAA Messenger
Iyaa Messenger dikembangkan oleh PT. IONsoft. Aplikasi ini, membuat siapapun bisa chatting dengan berbagai macam karakter dan emoticon kartun lucu, yang secara langsung terkirim sebagai pesan. Menariknya, aplikasi ini tidak hanya sekadar sebuah teks, tapi bisa menampilkan berbagai macam karakter dari avatar, sekaligus background yang menggambarkan komik.
IyAA Messenger

Fungsi utama dari Iyaa Messenger ialah berkomuniksi dengan teman berbentuk kartun. Secara otomatis, kartun terbentuk saat Agan sedang mengobrol. Beberapa teks juga divisualisasikan melalui karakter dan latar belakang yang unik. Mulai dari sedih, bahagia, marah, bad mood, dan masih banyak lagi. Uniknya lagi, karakter- karakter tersebut bisa ber-adegan layaknya sebuah komik. Agan dan teman chatting bisa saling bertengkar, bersenang- senang, dan lain sebagainya yang memberi kesan lucu. Melalui aplikasi ini, Agan seolah-olah menjadi sosok kartun yang setiap karakternya bisa berubah-ubah.

 Download 5 Aplikasi Instant Message Buatan Anak Negeri
GGM (Greget Messenger)
 IMES (Indonesia Messenger)
Catfiz
Stealth Chat
IyAA Messenger

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish