Site and learn your application

Jumat, 04 September 2015

Daftar Browser Yang Tidak Membutuhkan Plugin Adobe Flash Player

Plugin Adobe Flash player seolah-olah telah menjadi momok yang mengerikan bagi pengguna Internet. Bayangkan saja bila Anda tidak menginstall plugin ini, bagaimana bisa membuka video Youtube atau aplikasi web yang dikembangkan dengan Adobe Flash bisa berjalan di Google Crhome dan Mozilla Firefox??

Menurut Wikipedia Indonesia, Flash Player adalah software untuk melihat multimedia, Rich Internet Applications, dan streaming video dan audio, pada komputer web browser atau pada perangkat mobile didukung. Flash Player menjalankan SWF file yang dapat dibuat oleh Adobe Flash authoring tool, oleh Adobe Flex atau oleh sejumlah lainnya Macromedia dan peralatan pihak ketiga. Flash Player diciptakan oleh Macromedia dan sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe Systems setelah akuisisi.

Flash Player memiliki basis pengguna yang luas, dengan lebih dari 90% penetrasi internet pada komputer yang terhubung, dan merupakan format umum untuk game, animasi, dan GUI tertanam ke dalam halaman web. Flash Player tersedia secara bebas sebagai Plugin untuk versi terbaru dari browser web (seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Google Chrome).

Kesimpulannya plugin Adobe Flash Player membantu browser untuk membuka web aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe Flash, seperti web animasi, dsb. Plugin Flash Player juga mampu menampilkan video Youtube.

Daftar Browser Yang Tidak Membutuhkan Plugin Adobe Flash Player:
  1. Maxthon Cloud Browser
  2. Opera Browse. 
Namun seiring berkembanganya teknologi beberapa browser mulai beralih menggunakan HTML 5 sebagai platformnya. Opera Browser dan Maxthon adalah yang mempelopori penggunaan HTML 5. HTML5 merupakan sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. 
Youtube on Maxthon Cloud Browser

Youtube on Opera Browser
Youtube on Opera Browser

Dimana tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin. HTML 5 mampu menggantikan fungsi Adobe Flash Player dan loadingnya lebih cepat dalam membuka konten multimedia dibandingkan Flash Player.

HTML5 merupakan hasil proyek dari W3C (World Wide Web Consortium dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). Dimana WHATWG bekerja dengan bentuk web dan aplikasi dan W3C merupakan pengembang dari XHTML 2.0 pada tahun 2006, kemudian mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk versi baru dari HTML.

 Maxhton Cloud Browser
Opera Browser

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish