Site and learn your application

Kamis, 15 Oktober 2015

Memahami Perbedaaan DDR, DDR2, DDR3, dan GDDR5 Pada VGA Card

Indo Amaterasu
Pernahkan Anda mengamati jenis memory VGA Card yang ada dipasaran dari dulu hingga sekarang?? Tentunya dalam spesifikasi VGA Card mencantumkan jenis memory yang digunakan mulai DDR, DDR, DDR, dan GDDR5. Namun untuk saat ini yang ramai dipasaran hanya tersedia DDR dan GDDR5.

Yang membedakan adalah kecepatan transfer data, semakin tinggi jenis memory yang digunakan maka semakin cepat, begitu juga sebaliknya. Dengan memahami perbedaan antara DDR, DDR2, DDR3, dan GDDR5 diharapkan Anda bisa menentukan VGA Card yang akan dibeli.
Memahami Perbedaaan DDR, DDR2, DDR3, dan GDDR5 Pada VGA Card

Berikut ini kecepatan transfer data masing-masing memory yang ada pada VGA Card. Perbedaan transfer rate DDR, DDR2, DDR3, dan GDDR5:
1. VGA DDR kecepatannya hanya mencapai 400MHz
2. VGA DDR2 kecepatannya antara 400 sampai 1000MHz
3. VGA DDR3 kecepatannya antara 1200 sampai 1800MHz
4. VGA DDR4 kecepatannya antara 1800 sampai 2200MHz
5. VGA DDR5 dipakai ATI Radeon dengan kecepatan yang sangat fantastis mencapai 3600 sampai 4000MHz atau 4GHz.
Jadi semakin cepat sebuah VGA maka akan semakin baik pula dia dalam bekerja. Jadi baik itu motherboard yangg masih menggunakan memory RAM jenis DDR2 ataupun yangg sudah di atasnya tetap bisa menggunakan VGA dgn jenis DDR manapun. yangg jelas bila menggunakan VGA yang cepat maka kinerja komputer pun akan cepat pula. Jenis RAM pada motherboard tidak ada hubungannya dengan jenis RAM pada VGA. Yang penting VGA yang akan kita pakai atau yg akan kita beli sama jenis slot VGAnya, apakah PCIe x16 3.0 atau PCIe x8 3.0.

Tips Memilih VGA Yang Baik
Tips memilih VGA Card yang baik jangan terpaku pada besarnya RAM, misalnya ditulis dalam satuan MB, seperti 1GB, 2GB dan sterusnya. Tapi liat lah Memory Clok atau kecepatan memory nya seperti yang saya jelaskan diatas. Dan liat juga BIT pada VGA, BIT pada VGA bukanlah ketajaman warna sperti yg ada di display properties windows. Tapi BIT pada VGA adalah lebar jalur data yang dimiliki oleh VGA dan dari kedua inilah kita bisa melihat kcepatan sebuah VGA. 

Kesimpulan
Jadi BIT dan Clock Memory jauh lebih pnting dari pada besarnya RAM VGA. Misalnya ada 3 VGA anggap aja clock memorinya sama yaitu misalnya 1800MHz.
1. VGA A RAM 1GHz DDR 3 64 BIT
2. VGA B RAM 512Mb DDR3 128 BIT
3. VGA C RAM 256 DDR3 256 BIT.
Maka yang tercepat adalah VGA C meskipun dia punya RAM yang kecil tetapi dia punya BIT yang besar VGA C 4X lebih cepat dari VGA A dan 2X lebih cepat dari VGA B. Rumusanya (BIT x Clock Memory) hasilnya dibagi 8.

4 komentar:

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish