Site and learn your application

Jumat, 18 September 2015

Mengenal 7 Jenis Screen Proyektor

Indo Amaterasu
Tahukah Anda apa itu Screen Proyektor? screen proyektor merupakan pelengkap dari proyektor itu sendiri. Screen proyektor merupakan layar tempat memantulkan hasil dari data yang diterima oleh proyektor sehingga bisa dilihat dengan pandangan mata. Sebenarnya proyektor bisa dipantulkan dimana saja asalkan layar putih dan kondisi cahaya mendukung, akan tetapi akan lebih baik jika menggunakan screen khusus. Disamping hasilnya lebih bagus, gambarnya pun akan lebih jelas dipandang oleh mata. Ada banyak jenis layar proyektor yang bisa digunakan untuk memantulkan data proyektor, baik dari bahan maupun bentuk tampilannya.

Selama ini mungkin yang sering kita lihat hanya berupa layar putih tegak berdiri dengan ukuran tertentu, namun ternyata screen proyektor cukup bervariasi dengan model dan bentuk yang cukup unik. Berikut ini adalah beberapa jenis screen proyektor yang bisa Anda gunakan:

1. Manual Pull Down 
Manual Pull Down

Manual Pull Down  Screen, merupakan jenis layar proyektor yang ditempatkan di dinding. Jika ingin menggunakannya maka kita harus menariknya secara manual. Setelah terbuka, Self lock controller akan mengunci secara otomatis sehingga layar tidak kembali tergulung. Untuk menggulungnya kembali dilakukan secara manual juga.

2. Motorized Screen
Motorized Screen

Motorized Screen, merupakan jenis layar yang hampir menyamai tipe manual pull down screen. Yang membedakannya hanyalah pada tipe ini terdapat motor penggerak yang dapat membantu membuka dan menutup secara otomatis melalui remote control. Biasanya terdapat dua jenis motor yang digunakan yaitu jenis tubular dan Synchronous.

3. Tripod Screen
Tripod Screen

Tripod Screen, merupakan jenis layar yang memiliki kaki penyangga saat digunakan. Jenis ini cukup umum kita lihat di berbagai kegiatan. Penyangga atau kaki yang digunakan membuat tipe screen ini bisa dipindahkan di berbagai tempat dan cukup fleksibel penggunaannya.

4. Portable Screen
Portable Screen

Portable Screen, merupakan jenis layar proyektor yang portable sehingga mudah digunakan dimana saja. Tipe ini didesain khusus untuk mereka yang sering mobile dan membutuhkan proyektor dan layarnya untuk berbagai kepentingan seperti bisnis, presentasi klien, seminar di banyak tempat dan sebagainya. Tipe ini mudah dibawa kemana-mana dengan bentuk yang cukup simple.

5. Table Screen
Table Screen

Table Screen, merupakan jenis layar proyektor yang paling simple, kecil dan ringan. Bentuk nya menyerupai meja dan juga cocok dibawa oleh para pengguna yang suka mobile untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan proyektor. Ahli kesehatan, pebisnis, pembicara training dan sebagainya cukup pas menggunakan layar proyektor jenis ini untuk keperluan mobile setiap saat.

6. Fast fold Screen

Fast fold Screen

Fast fold Screen, jenis layar ini biasa digunakan untuk kebutuhan layar yang besar. Bentuknya cukup besar dan mempunyai kerangka. Cocok digunakan untuk sebuah acara besar, pemutaran film dan sebagainya. Ukurannya terbilang lebih besar dibandingkan jenis-jenis layar yang kita bahas sebelumnya.

7. Fixed Frame Screen
Fixed Frame Screen

Fixed Frame Screen, merupakan tipe screen monitor ukuran sedang yang memiliki bingkai di setiap sisinya. Biasanya digunakan di ruang rapat, home theater dan sebagainya untuk kebutuhan dalam ukuran standar.

Bila Anda ingin memiliki sebuah screen proyektor, pastikan Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan Anda. Bila Anda membutuhkannya untuk kegiatan mobile maka sebaiknya memilih tipe-tipe yang simple yang mudah dibawa kemana saja. Namun jika untuk kebutuhan tetap, maka sebaiknya pilih yang model permanen.

Semakin sering suatu peralatan dibawa bepergian maka kemungkinan akan rusak semakin besar. Jika Anda untuk kebutuhan tetap maka sebaiknya gunakan saja jenis yang tetap atau tidak portable. Perhatikan juga harga dan kualitasnya apakah sesuai atau tidak. Sebab kualitas gambar sering kali dipengaruhi layar dari proyektor bersangkutan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish