Site and learn your application

Sabtu, 05 September 2015

Perbedaan Adobe Flash Player, Adobe Air, dan Adobe Shockwave

Adobe Flash Player adalah plugin browser yang sering dipasang pada browser yang tidak menggunakan HTML 5. Biasanya pengguna menginstall plugin ini untuk membantu menampilkan membuka video atau aplikasi web bebasih flash. Kemudian ada lagi 2 plugin lainnya, yaitu Adobe Air dan Adobe Shockwave. Lalu apakah yang membedakan antara ketiganya?? untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya Anda paham dulu pengertian dan kegunaanya.

1. Adobe Flash Player
Adobe Flash Player

Adobe Flash Player adalah cross platform browser berbasis aplikasi runtime yang memberikan tampilan aplikasi ekspresif, isi konten, video di layar destop dan program browser. Adobe Flash Player  dipasang lebih dari 950 juta user yang terhubung ke internet melalui desktop dan perangkat mobile, Flash Player memungkinkan organisasi dan individu untuk membangun dan memberikan pengalaman digital yang besar bagi penggunanya.

Software buatan Adobe System Inc ini sangat berguna untuk anda yang biasa browsing di internet khususnya untuk streaming ataupun mendownload video. Adobe Flash Player sekarang tersedia untuk Windows, Mac, dan sistem operasi Linux.

Fitur baru dalam Adobe Flash Player :
  1. Konten video dan aplikasi dengan modus layar penuh.
  2. Penggunaan bandwidth rendah, video berkualitas tinggi dengan teknologi kompresi canggih.
  3. Multi threaded decoding video
  4. Update otomatis jika terhubung ke internet
  5. Tambahan format gambar: GIF, JPEG Progresif, dan PNG.
Fungsi Adobe Flash Player yaitu:
  1. Memainkan video di situs-situs sharing video seperti Youtube & Vimeo
  2. Memutar lagu atau Mp3 dengan kode embed Soundcloud.
  3. Membuka TV Online Streaming dan file format SWF
  4. Chatting di situs jejaring sosial semacam Facebook dan Yahoo Mail.
2. Adobe Air
Adobe Air

Adobe AIR adalah aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan banyak permainan video. Aplikasi ini sebenarnya berasal dari sejenis 'App Store' tempat Anda dapat bermain seluruh permainan yang memanfaatkan teknologinya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan cukup lihat permainan yang ada, ketuk satu permainan yang menarik untuk menuju halaman permainan itu di Google Play, lalu unduh. Sesimpel itu. Anda harus memasang Adobe AIR terlebih dulu sebelum Anda dapat memainkan sebagian permainan video di Android, karena sebagian permainan tersebut hanya bisa berjalan bila Adobe Air telah diinstal.

3. Adobe Shockwave
Adobe Shockwave

Adobe Shockwave adalah plugin unutk menjalanakan game atau video yg memerlukan kemampuan VGA dan tentunya membutuhkan DirectX , seperti DirectX 9. Adapun fungsi ataupun kegunaan dari Adobe Shockwave ini adalah untuk memutar konten multimedia yang tedapat pada blog atau website yang sedang kita kunjungi. Dan Adobe Shockwave ini merupakan program teknologi yang berfungsi sama seperti Adobe Flash Player, tetapi lebih dikhususkan untuk keperluan perangkat tiga dimensi.

Perbedaan Adobe Flash Player, Adobe Air, dan Adobe Shockwave
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa ketiga plugin mempunyai fungsi yang hampir sama, namun lebih beda ketahap penggunaannya. Adobe Flash Plaayer ditujukan untuk membantu membuka video seperti Youtube dan TV Online, sedangkan Adobe Air untuk menjalankan game yang berbasis vide flash. Game yang dijalankan pada browser bisa berjalan mulus bila terinstall Adobe Air. Adobe Sockwave fungsinya hampir sama dengan Adobe Flah Player, namun lebih dokhususkan untuk membantu konten multimedia seperti website yang banyak menampilkan animasi flash.

Jadi bila Anda menggunakan Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, sebaiknya install ketiga plugin tersebut untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish