Site and learn your application

Rabu, 16 September 2015

VGA ATI Radeon VS nVidia Geforce, Bagusa Mana ?

Indo Amaterasu
Para sales, fanatik Intel da AMD mempunyai pendapat yang berbeda tentang kualitas VGA (Graphic Card) yang menurutnya paling baik. Para fans Intel tentunya lebih menyarankan memakai nVidia Geforce bila menggunakan prosesor Intel, begitu juga sebaliknya AMD lovers menyarankan menggunakan ATI Radeon untuk mendapatkan perfoma yang bagus bila menggunakan prosesor AMD.

Memang kalau diamati Intel lebih melekat dengan nVidia Geforce sedangkan AMD kental dengan ATI Radeon. Namun bukan berarti prosesor Intel tidak suport atau bagus bila dipasang VGA AMD, begitu juga sebaliknya. Sekarang ini banyak Motherboard Intel yang mendukung VAG CrossFireX (CF). Supaya Anda benar-benar paham tentang VGA sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Pengertian VGA (Graphic Card)
VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphics Adapter yang memiliki tugas untuk menampilkan grafis yang diperintahkan sistem. Radeon dan NVIDIA merupakan dua jenis VGA yang cukup banyak digunakan. Jika Anda seorang gamer maka NVIDIA bisa Anda gunakan untuk lebih mendukung hobi Anda tersebut. Hal ini disebabkan karena tipe VGA ini memiliki sebuah fitur Physx, yakni fitur yang memiliki fungsi agar detail yang nantinya dikeluarkan cukup optimal.

Sementara jika Anda adalah seorang penyuka tayangan video HD maka tipe Radeon bisa Anda gunakan. Hal ini disebabkan di dalam VGA ini terdapat ekstensi pendukung yang akan membuat tampilan gambar video Anda memiliki resolusi gambar yang cukup tinggi akan tampil dengan lancar. Tipe Radeon juga memiliki fitur UVD yang tidak ada pada NVidia Geforce. Bagi mereka para editor video, maka tipe VGA yang bisa dipilih adalah NVIDIA GeForce. Tipe VGA ini diyakini lebih handal dalam melakukan Rendering Video.

Jadi sebelum memilih tipe VGA Radeon atau NVIDIA Geforce, sebaiknya Anda ketahui dulu apa yang menjadi kebutuhan Anda. Karena meskipun masing-masing memiliki keunggulan, akan tetapi keduanya juga tetap memiliki kekurangan yang juga penting untuk Anda perhatikan. Seperti misalnya, NVIDIA dikenal sebagai perusahaan nomor satu chif sehingga mereka memiliki peluang yang lebih besar untuk menjalin kerjasama dengan pihak pengembang games dan para programmer, sehingga tampilan video game yang dihasilkan sudah pasti jauh lebih baik dengan melibatkan NVIDIA. Sesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda.
AMD CrossFireX
AMD CrossFireX

Meskipun demikian, keduanya baik Radeon maupun NVIDIA tetap memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah pada ATI Radeon tidak support physx sementara pada NVIDIA lebih boros pasokan listrik dan jika hendak stereoscopic maka harus SLI. Sedangkan Mobo certified SLI sendiri harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobo support CF. Jadi pastikan memang untuk penggunaan NVIDIA tersebut Anda memiliki anggaran yang lebih besar untuk mendapatkan kepuasan tersendiri pada penggunaannya. Selain itu, NVIDIA juga memiliki kualitas yang kurang pada saat memainkan game yang berbasis dirext 9 dan 10, namun untuk dirext 11 memang NVIDIA cukup unggul kualitasnya dibanding Radeon.
nVidia SLI
nVidia SLI

Setelah Anda mengetahu kekurangan dari dua jenis VGA tersebut, pastinya Anda sudah bisa membuat keputusan untuk memilih jenis VGA mana yang akan Anda beli. Hal yang juga sangat penting sebelum memiliki sebuah VGA adalah bahwa Anda harus memastikan motherboard milik Anda haruslah mendukung terhadap tipe VGA yang akan dibeli tersebut. Seperti diketahui, biasanya ada beberapa slot VGA yang ada di motherboard, seperti misalnya Slot PCI Express, AGP dan PCI. Kesalahan Anda membeli tipe VGA yang tidak sesuai dengan slotnya menyebabkan VGA tersebut tidak bisa dipasang atau digunakan.

Masih bingung memilih VGA yang akan Anda miliki? Jika diibaratkan sebagai dunia otomotif maka NVIDIA diibaratkan seperti Yamaha sedangan Radeon seperti Honda. Soal harga kedua VGA ini juga sudah cukup bersaing, bandrol harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi mereka yang menginginkan keunggulan tayangan aplikasi grafik dan 3D, maka sangat penting untuk menggunakan dan memilih dua tipe VGA tersebut dengan tetap memperhatikan kekurangan dan keunggulan dari keduanya. Apa yang menjadi kebutuhan Anda juga perlu diketahui sehingga Anda bisa membeli sesuai dengan yang dibutuhkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish