Site and learn your application

Sabtu, 31 Oktober 2015

3 Aplikasi Untuk Mengetahui Temperatur Suhu Prosesor

Indo Amaterasu
Banyak yang beranggapan bahwa prosesor AMD lebih panas dari Itel, dan prosesor Intel lebih dingin dari AMD. Benarkan demikian?? kalau menurut anggapan orang lain dan tidak pernah memantau temperatur suhu prosesor maka tidak bisa dikatan seperti itu. Banyak sekali yang menyebabkan prosesor panas, seperti beban kerja yang berlebihan saat bermain game dan karena pasta prosesor yang mulai aus atau habis.

Baca: TIPS Memilih HSF (Pendingin) Prosesor Yang Sesuai Dengan Komputer Anda

Lalu sebagai pengguna komputer/ laptop pernahkah Anda mengamati temperatur suhu prosesor?? kalau tiba-tiba komputer Anda mati/ restart dengan sendirinya mulai waspada ada kemungkinan prosesor terlalu panas. Panasnya prosesor dapat dipengaruhi kipas prosesor yang rusak. Maka dari itu bila Anda menggunakan prosesor kelas atas disarankan menggunakan HSF/ Pendingin Prosesor buatan pihak ketiga, bukan bawaan Intel dan AMD.
3 Aplikasi Untuk Mengetahui Temperatur Suhu Prosesor

Baca: Cara Menggunakan Thermal Paste Yang Benar
Baca: Dilarang Menggunakan Pasta Prosesor Kemasan Balsem

Bicara mengenai temperatur suhu prosesor, berikut ini ada 3 aplikasi untuk memantau dan mengetahui suhu prosesor. Berikut ini ulasannya:

1. Core Temp 1.0 RC6
Core Temp 1.0 RC6 adalah program untuk memantau suhu prosesor komputer. Suhu prosesor ditampilkan bedasarkan jumlah core/ inti. Misalkan Anda menggunakan Intel Core i5 dan i7 maka ditampilkan suhu prosesor. Selain menampilkan suhu prosesor, Core Temp 1.0 RC6 menampilkan jenis soket prosesor seperti LGA 1155 (Ivy Bridge).
Core Temp 1.0 RC6


2. RealTemp 3.70
RealTemp 3.70 merupakan aplikasi untuk melihat suhu prosesor yang paling banyak digunakan pengguna komputer diseluruh dunia. Bahkan situs Jagat Review kerap menggunakan RealTemp 3.70 untuk menguji beberapa produk. Kelebihan RealTemp menampilkan status suhu prosesor minimum dan maximun, serta kondisi Thermal/ Pasta Prosesor baik atau tidak. Bila status Thermal buruk, Anda wajib menggantinya.
RealTemp 3.70

 

3. SpeedFan 4.51
SpeedFan 4.51 merupakan aplikasi penampil suhu prosesor dengan segudang fitur. Selain memantau suhu prosesor, Anda dapat melihat suhu harddisk dan graphic card di komputer Anda. SpeedFan 4.51 juga menampilkan grafik suhu prosesor, graphic card, dan harddisk. Hems.. mernarik bukan.
SpeedFan 4.51

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish