Site and learn your application

Senin, 05 Oktober 2015

Cara Mengaktifkan HTTPS Pada Domain Blogspot

Indo Amaterasu
Google memberikan beberapa pembaharuan pada platform blognya. Bila sebelumnya tersedia domain lokal dot.co.id, kabar gembira datang lagi utnuk blogger yang menggunakan platform blogspot. Ternyata Google memberikan fitur HTTPS pada domain blogspot, lalu apa menariknya dari HTTPS ini?? SSL Certificate (Secured Socket Layer) digunakan untuk mengamankan transmisi data melalui situs web. Transmisi data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account, semua informasi sensitif lain harus diamankan untuk mencegah eavesdropping, pencurian data pada saat proses transaksi online, dan lain-lain. Sertifikat SSL dapat mengamankan data tidak hanya diaplikasikan melalui situs web saja tetapi dalam transmisi email pun dapat dijamin dengan SSL ini.
Cara Mengaktifkan HTTPS Pada Domain Blogspot

Dengan SSL Certificate data jadi terenkripsi sebelum melakukan transmisi melalui internet. Data yang telah terenkripsi dapat didekodekan hanya oleh server yang mana Anda benar-benar mengirimkannya sendiri. Ini adalah jaminan bahwa informasi yang Anda kirimkan ke situs web tidak akan dicuri atau dirusak.

Contoh penggunaan fitur HTTPS pada domain blospot:
http://myvaris.blogspot.com menjadi http://myvaris.blogspot.com

Login ke akun blogger.com dan login, kemudian pilih setelan dasar. Pada setelan HTTIPS > Ketersediaan HTTPS pilih Ya.

Sekarang domain blogspot mendapatkan https. Contohnya https://myvaris...

Perlu Anda ketahui bila menggunakan nama domain sendiri dan ingin menggunakan SSL Sertifikat untuk mendapatkan HTTPS pengguna harus menyewanya sendiri dan membayarnya ke penyedia hosting dan domain. Namun untuk blogger blogspot gratis, tinggal mengaktifkannya saja. Kurang baik apa mbah google ini?? hehe

Jadi menggunakan HTTPS ada manfaatnya, diantaranya adalah:
  1. Membantu memeriksa bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya
  2. Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung
  3. Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas, atau mencuri informasi mereka.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish