Site and learn your application

Jumat, 09 Oktober 2015

Ingin Visitor Banyak?? Jangan Hanya Sekedar Ngeblog

Indo Amaterasu
Mencoba menjadi seorang Blogger, sekarang ini telah menjadi gaya hidup manusia modern. Niat ngeblog dengan berbagi pengetahuan lewat tulisan disertai gambar dan video awalnya terlalu besar. Namun ketika tulisannya tidak ada yang membaca, perlahan-lahan semangat ngeblognya menjadi luntur. Anda menulis banyak artikel tiap harinya, namun dalam kurun waktu 6 bulan visitornya di bawah 100, berarti ada yang salah dengan cara negblog Anda.

Memang menulis blog harus didasarkan dengan apa yang dikuasai penulis. Misalkan hobi Anda tentang komputer, maka bahasan blog Anda harus tentang komputer. Jangan sampai Anda ganti topik karena melirik blog sebelah yang visitornya banyak, dan ikut-ikutan... eh ternyata malah sepi lagi. Keuntungan fokus pada satu bahasan, Anda akan mendapatkan pengunjung setia. Misalnya blog Anda tenang tips trik komputer, maka orang yang punya masalah mengenai komputernya langsung membuka blog Anda. Hems lumayan bukan...? berarti pengunjung setia blog Anda langsung menuju URL Blog, buka mengetik kata kunci di Google Search.
Google Trends

Pengecualian: Anda boleh menulis banyak topik dalam satu blog, asalkan telah mahir bermain SEO (Search Engine Optimization), dengan memilih keyword yang baik. Blog campur aduk, biasa disebut blog gado-gado hehe.

Ditijanu dari umur keyword atau kata kunci dapat didedakan menjadi 2 macam, yaitu: kata kunci musiman dan kata kunci abadi. Yang termasuk keyword musiman adalah artikel tentang Naruto Shippuden... Okelah saat serial Naruto Shippuden masih launching blog Anda tetap ramai. Namun saat episode Naruto habis, maka blog Anda menjadi sepi.

Yang termasuk keyword abadi misalnya Anda menulis "Cara Mendapatkan Visitor Blog 100/ day". Artikel ini akan tetap nangkring di mesin pencari lebih dari 2 tahun, karena banyak yang ingin blognya mendapatkan visitor melimpah.

Mulai Ubah Gaya Ngeblog Anda!
Bila Anda telah menulis artikel yang dirasa menarik tanpa copy paste namun masih sepi pengunjung, coba pikirkan atau prediksi apa yang dibutukan orang saat membuka internet. Dalam bahasa ilmiahnya disebut analisis kebutuhan atau need assesment. Caranya cukup mudah kok... cukup dengan cara mengamati lingkungan.

Misalnya akan dilaksanakan Uji Komptensi Guru (Ukg) pada bulan November 2015 nanti. Sebaiknya Anda memenuhi kebutuhan guru tersebut dengan menulis artikel tentang soal latihan Ukg, Kisi-kisi Ukg, Tips sukses mengerjakan Ukg, dan lain sebagainya.
Google Trends 2

Apabila kesulitan dengan cara di atas, gunakan bantuan Google Trends, Trending Topik Facebook, Trending Topik Twitter, dan Bing Trends. Carilah bahasan topik apa yang paling populer, kemudian cobalah menggabungkan skill dengan trend yang paling populer.

Misalnya skill dan hobi Anda tentang komputer, kemudian Google Trends menunjukkan bahasan Windows 10. Maka tulislah artikel tentang Windows 10.

InsyAllah dengan menerapkan cara ini pengunjung Blog Anda akan naik secara drastis.

Ingat! Kunci ngeblog Adalah pengunjung!!
Pengunjung adalah uang!! Pengunjung banyak, uang akan datang!!

4 komentar:

  1. Menyentuh banget artikelnya gan, emang selama ini ane hanya nulis dan nulis tanpa melihat kebutuhan orang. Menginspirasi, Nice info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Realitanya emang gitu mas, semoga sukses :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah sekarang berkali-kali lipat naik pengunjungnya hehe

    Makasih mas buat masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mas, sama-sama belajar memahami kebutuhan orang lain hehe

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish