Site and learn your application

Senin, 05 Oktober 2015

Tips Mengerjakan Tes Gambar/ Wartegg Yang Benar

Indo Amaterasu
Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Cara Mengerjakan Tes Koran Yang Benar dan Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Saat Tes Interview. Perlu kita ketahui bahwa psikotes terdiri dari beberapa tes, diantaranya adalah tes gambar atau wartegg. Dalam dunia psikologi tidak ada yang namanya ilmu pasti dan semua dapat dipelajari.

Dengan berlatih dan memahami jenis tes psikologi, dapat memudahkan Anda dalam mengerjakannya. Psikotes umumnya digunakan untuk merekrut para tenaga kerja baru, seperi daftar polisi, TNI, pegawai Bank, dan lain sebagainya. Namun sebelum membahas Tips Mengerjakan Tes Gambar/ Wartegg, alangkah baiknya bila Anda paham dulu apa itu tes gambar.

Baca: Tips Mengerjakan Tes Koran/ Tes Kraepelin Yang Benar

Tes Wartegg adalah sebuah tes psikologi yang pertama kali dibuat oleh Krueger dan Sander dari University of Leipzig. Selanjutnya, tes ini dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan kemudian oleh Marian Kinget. Tujuan dari tes wartegg ini adalah mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function, yang dimiliki oleh setiap orang namun dengan intensitas dan interelasi yang berbeda.

Struktur kepribadian tidaklah statis, berubah-ubah dan menentukan sebagian besar perilaku individu. Dengan tes ini dapat dilihat bagaimana cara subyek berfungsi, yaitu apakah normal atau abnormal. Maka bila ada satu atau beberapa komponen yang sangat dominan, menandakan bahwa struktur tidak seimbang, jadi fungsi subyek adalah defektif. Misalnya, fungsi kontrol terlalu kuat maka perilaku akan terhambat dan kreatifitas kurang berkembang, sedangkan bila imajinasi berkembang berlebihan maka kontak dengan realitas dan fungsi sosialnya terganggu.

Baca: Inilah Pertanyaan Yang Sering Mucul Pada Saat Tes Interview Pekerjaan

Dalam Tes Wartegg ini, anda disuguhi 8 kotak gambar yang berisi coretan-coretan yang belum diselesaikan. Anda diminta untuk meneruskan gambar tersebut sesuka anda. Kemudian setelah selesai anda diminta untuk menjelaskan gambar yang anda buat kepada penguji.

8 Kotak dasar yang harus Anda gambar

Contoh pengerjaan dari tes di atas

Atau seperti ini

Dan atau seperti ini

Dalam Psikotest, tidak ada benar dan salah, yang ada ialah benar dan benar. Namun, bukan benar salah yang menjadi penilaian disini. Dalam test Psikotes yamg dinilai ialah Gambarnya, karena dari Gambar saudara terdapat unsur nilai psikologis saudara.

Berikut Tips Mengerjakan Tes Gambar/ Wartegg Yang Benar:
1. Urutan mengGambar sebaiknya diacak dari biasanya 1 2 3 4 5 6 7 8 menjadi 1 3 2 6 4 8 7 5 hal ini mendadakan diri anda sebagai orang yang kreatif, mempunyai tantangan dan inovatif ketimbang kaku atau mengikuti habbit
2. Berlatihlah mengGambar sejelas mungkin dapat dimengerti, jangan lupa beri keterangan pada Gambar baik itu sulit, disukai atau tidak disukai, ataupun mudah, perhatikan petunjuk pada Soal
Bila anda bergender laki-laki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda
3. Tes ini tidak tidak memerlukan kemampuan khusus, tetapi hal ini hanya salah satu cara bagi penguji untuk mengetahui kepribadian, misalnya bila Gambar terlalu sering dihapus atau kotor berarti  anda peragu dan tidak terencana. Jika menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut menandakan anda orang yang keras kepala
4. Gambar yang anda buatpun menunjukkan tingkat IQ, jika Gambarnya biasa-biasa saja dan umum tentu penilaian tingkat kecerdasannya berbeda jauh dibanding jika kita mengGambar sesuatu yang belum terpikirkan orang lain dan berwawasan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish