Site and learn your application

Jumat, 20 November 2015

Menengok Peluang Bisnis Kursus Privat Komputer

Indo Amaterasu
Memiliki kemampuan menggunakan komputer untuk sekarang ini menjadi suatu keharusan dan bisa dikatakan lucu apabila seorang pelamar kerja tidak memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer, minimal untuk program kerja Microsoft Office. Apalagi untuk generasi Y yang dikatakan sebagai generasi yang memiliki karakteristik tidak bisa lepas dari gadget, sangat dekat, dan keingintahuan pada produk kemajuan iptek sangat tinggi, masih diimbangi dengan kemampuan belajar dan adaptasi yang cepat.

Menyadari kebutuhan kemampuan seseorang menggunakan komputer dan hal yang menjadi persyaratan dalam pengajuan lamaran kerja, berbagai pihak di hampir setiap kota menyediakan jasa les privat komputer. Kebanyakan dari mereka menyediakan jasa ini untuk memberikan pengajaran kepada para pekerja generasi X yang masih ingin bisa bekerja dan kepada orang-orang muda yang belum pernah mendapatkan pelajaran mengenai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semasa di bangku sekolah. Namun tidak jarang juga jasa les privat komputer ini dibuka untuk anak sekolah bahan mulai dari TK sudah diadakan program pengenalan komputer.

Les privat komputer untuk pekerja generasi X dan mereka yang sama sekali belum pernah mendapatkan pelajaran TIK semasa di bangku sekolah biasanya memuat materi-materi dasar yang pasti akan dipakai ketika mereka bekerja di sebuah kantor. Materi dasar ini terdiri dari Microsoft Office (Word, Excel, Power Point), Adobe untuk desain grafis seperti Photoshop, CorelDraw, dan dasar-dasar komputer serta pengenalan pada internet. Mungkin nanti pada saat bekerja yang paling pasti dipakai adalah dasar-dasar komputer, internet, dan program Microsoft Office. Tetapi membekali peserta dengan software desain grafis (walaupun itu akan kurang dibutuhkan dalam kerja kantoran nantinya) akan menjadi nilai tambah karena dianggap sebagai keahlian tersendiri.

Selain disediakan untuk jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah, terdapat les privat komputer yang dikhususkan untuk mahasiswa bidang studi atau jurusan kuliah tertentu. Menyadari tidak semua universitas menyediakan fasilitas praktikum untuk beberapa mata kuliah tertentu, beberapa orang memanfaatkan keadaan ini sebagai bisnis sehingga menyediakan jasa les privat komputer sesuai dengan kebutuhan mahasiswa di bidang studi tertentu. Misalnya pelatihan les privat komputer untuk software SPSS yang paling banyak digunakan untuk mengolah data dalam berbagai penelitian, khususnya untuk skripsi.

Semua kesempatan dijadikan peluang bisnis oleh para pebisnis yang peka terhadap perubahan zaman dan kebutuhan yang dituntutnya. Jasa les privat komputer kini memiliki pangsa pasar tersendiri akibat stereotype bahwa setiap pekerjaan mewajibkan pelamarnya memiliki kemampuan dalam menggunakan komputer meskipun pada kenyataannya tidak selalu seperti itu. Promosi dan periklanan jasa les privat komputer kini semakin mudah dengan hadirnya internet itu sendiri. Jangkauan bisnis semakin luas hanya dengan bermodalkan internet, kemampuan desain, dan promosi segencar-gencarnya via dunia maya.

Bisnis les privat komputer kini menjadi peluang yang cukup menjanjikan bagi para pebisnis pemula untuk menginvestasikan modalnya dalam bentuk usaha penyediaan layanan jasa pendidikan komputer. Wilayah pembukaan usaha pun lebih menjanjikan ketika dibuka di wilayah pelosok dimana persentase orang yang memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer cenderung rendah. Artinya, pebisnis memiliki kesempatan yang luas untuk menjaring konsumen karena kondisi konsumen yang mampu mengoperasikan komputer begitu sedikit dan pesaingnya pun hampir bisa dikatakan nol. Jadi, bagi Anda yang memiliki kelebihan dana untuk investasi, bisnis jasa les privat komputer masih memiliki potensi yang cukup baik untuk dijadikan alternatif bisnis.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish