Site and learn your application

Minggu, 22 November 2015

Tips Lolos Ujian SIM, Lengkap Dengan Tes Berkendara dan Tes Teori

Indo Amaterasu
Surat Izin Mengemudi atau disingkat SIM adalah sebuah identitas yang diberikan oleh Kepolisian kepada mereka yang layak untuk berkendara di jalan umum. Maksudnya layak harus memenuhi ketentuan yang telah dietapkan seperti umur mencukupi, kepandaian dalam mengemudikan kendaraan bermotor/ mobil, dan pengetahuan umum seputar lalulintas.
Yamaha R15

Pendaftaran SIM yang menggunakan KTP, jadi bila belum memiliki e-KTP harus menunggu umur 17 tahun baru bisa mempunyai SIM. Biaya pembuatan SIM tiap daerah tidak sama, ada yang 80 ribu dan 100 ribu ke atas. Perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan SIM ada tes yang terbagi dalam 2 tes yaitu tes teori dan tes berkendara. Biasanya para pencari SIM diberi kesempatan 3 kali untuk mengulanmg tes baru mendapatkan SIM.

Golongan SIM perseorangan
Golongan SIM berdasarkan Pasal 80 UU No. 22 Tahun 2009:
  1. SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 2.500 kg
  2. SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg
  3. SIM B2, untuk mengemudikan Kendaraan alat berat, Kendaraan penarik, atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg
  4. SIM C, untuk mengemudikan Sepeda Motor
  5. SIM D, untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat.
Bila Anda kenal dengan orang dalam Kepolisian bisa titip/ nitip namun biayanya lebih mahal daripada jalur normal. Maklumlah cara ini sebenarnya tidak diperbolehkan, namun masih ada praktik seperti ini. Sebaiknya para pencari SIM mempelajari tes mendapatkan SIM supaya sesampainya di Polres dapat mengerjakan tes SIM dengan lancar dan langsung lulus.

Tes Berkendara
Tes ini dilakukan setelah Anda lulus tes teori. Jangan menyepelekan tes berkendara karena mereka yang mahir sekalipun banyak gagal di tes ini. Anda harus mengelilingi dua lingkaran dengan pola angka 8 dan yang terakhir melewati jalan sempit yang dibuat Kepolisian. Keberhasilan memalui tes ini kaki Anda jangan sampai menyentuh tanah. Bila menyentuh tanah diberi kesempatan mengulang 2x. Bila gagal mengulang lagi dihari berikutnya sampai berhasil.
 Tes Berkendara SIM C
 Tes Berkendara SIM C

Sedangkan tes berkendara untuk mendapatkan SIM A/B menggunakan mobil dari Kepolisian. Tesnya sangat sederhana dengan pola parkir. Jadi sebaiknya Anda berlatih parkir mobil supaya lulus tes ini.

Tips lolos tes berkendara
Tes berkendara menggunakan motor pribadi si pencari SIM, sebaiknya gunakan motor bebek atau matic saja yang langsung gas tanpa kopling. Usahakan Anda menggunakan motor yang tidak terlalu panjang dan beratnya ringan supaya mudah bermanuver. Bagi mereka yang menggunakan motor laki banyak gagalnya, mungkin karena berat dan panjang sehingga susah dibelokkan, belum lagi harus menekan kopling.


Tes Teori
Tes Teori berisi soal-soal pengetahuan seputar lalu lintas. Bila tidak mempelajarinya dijamin Anda kesulitan mengerjakan tes ini. Untuk itu indoamaterasu membagikan tes teori ujian SIM supaya lulus tes. Selain membagikan tes teori juga dilenngkapi materi ujian SIM, jadi Anda bisa belajar kedua-duanya baik materi dan tes teori.

Contoh Tes Teori Ujian SIM
 Contoh Tes Teori Ujian SIM

Contoh Tes Teori Ujian SIM 2
 Contoh Tes Teori Ujian SIM 2

Contoh Tes Teori Ujian SIM 3
Contoh Tes Teori Ujian SIM 3

Download Materi dan Tes Teori Ujian SIM
  1. Download Materi Ujian SIM
  2. Download Tes Teori Ujian SIM 1
  3. Download Tes Teori Ujian SIM 2
  4. Download Tes Teori Ujian SIM 3
  5. Download Tes Teori Ujian SIM 4

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish