Site and learn your application

Minggu, 20 Desember 2015

4 Cara Melindungi Data Dari Virus Tanpa Antivirus

Indo Amaterasu
Virus merupakan momok yang paling mengerikan bagi pengguna komputer, betapa tidak bila komputer Anda terjangkit virus maka folder menjadi hilang, file tidak bisa dibuka, terjadi duplicate folder, dan masih banyak yang lainnya.

Pradigma ini terus berlanjut sampai sekarang sehingga pengguna komputer rajin mengupdate Antivirus untuk melindungi data-datanya. Memasang Antivirus ada plus minusnya, selain komputer Anda bersih dari virus, kemungkinan terhapusnya file patch/ crack semakin besar.
4 Cara Melindungi Data Dari Virus Tanpa Antivirus

Antivirus bekerja secara otomatis dan telah terprogram, untuk itu Antivirus tidak bisa membedakan antara virus dan file patch/ crack. Tahukah Anda para gamer membenci Antivirus karena game yang terpasang di komputer tidak dapat dijalankan karena patchnya dianggap virus.

Supaya data Anda aman dari serangan virus, berikut ini indoamaterasu memberikan 4 cara melindungi data tanpa menggunakan Antivirus. Berikut ini caranya:

1. Mengkompres File
Mengkompres File

Tahukah Anda kenapa file yang Anda download biasanya berupa zip dan rar? tujuannya agar kebal terhadap virus. Para uploader memang sengaja mengkompres file supaya aman dan punya ukuran kecil. File yang telah dikompres tidak tembus virus dan antivirus, jadi misalkan Anda punya data penting maka kompreslah menggunakan 7Zip dan Winrar atau program sejenis lainnya.


2. Membuat File .ISO
Membuat File .ISO

File ISO adalah file bootable, yang artinya file ini nantinya akan diburning ke dalam bentuk CD/ DVD. File ISO biasanya digunakan untuk sistem operasi dam driver komputer. Anda juga dapat membuat folder data menjadi file ISO. Caranya mudah, cukup menggunakan aplikasi AnyToISO. Cara membuka file iso menggunakan Power ISO, Daemon Tool, atau Mount bagi pengguna Windows 8 dan 10.

Download AnyToISO

3. Menggunakan Aplikasi Lock
Menggunakan Aplikasi Lock

Untuk melindungi data dari virus, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lock seperti iObit Protect Folder. Aplikasi ini akan menyembunyikan file folder penting Anda, dan tentunya dengan melock file data akan terhindar dari serangan virus.

Download iObit Folder Protect

4. Exclude File 
Exclude File

Cara yang terakhir khusus bagi Anda yang terlanjur menggunakan Antivirus. Untuk melindungi data patch game supaya tidak dihapus antivirus karena pendeteksian kurang akurat gunakanlah fitur Exclude File. Artinya file yang Anda anggap penting akan dilewati scan Antivirus, dengan ini file patch game Anda akan aman. Setiap Antivirus telah dilengkapi Exclude File, dalam contoh ini menggunakan Windows Defender bawaan Windows 8.1.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish