Site and learn your application

Senin, 14 Desember 2015

Mengenal 7 Prosesor Yang Dipakai Smartphone

Indo Amaterasu
Prosesor atau yang sering disebut dengan CPU (Central Processor Unit) adalah otaknya smartphone yang dapat menjalankan perintah sesuai keinginan penggunanya. Maka dari itu pengaplikasian jenis prosesor pada masing-masing smartphone sangat penting. Dalam dunia komputer kita hanya menemukan 2 jenis prosesor yaitu Intel dan nVidia saja, namun pada smartphone ada 7 macam prosesor dengan pabrikan yang berbeda.

Masing-masing prosesor mempunyai keunggulan seperti kecepatan dan harga. Pemain lama seperti Intel dan nVidia juga ikut andil dalam memproduksi prosesor adalannya. Begitu banyak jenis smartphone yang telah beredar di pasaran secara global dan itu membuat banyaknya pula macam-macam prosesor yang dihadirkan. Seringkali itu juga membuat bingung para konsumen yang akan membeli smartphone, apakah prosesor pada smartphone pilihannya sudah dapat memberikan kinerja yang diharapkan atau belum, karena pasalnya jika membeli smartphone adalah yang sesuai dengan kebutuhan sedang anda perlukan.

Mengenal 7 Prosesor Yang Dipakai Smartphone:

1. Exynons
Exynons Processor

Prosesor Exynos ini dikembangkan dibawah naungan perusahaan Samsung Electronics. Prosesor ini dibangun dengan basis System on a Chip (SoC) yang memang dikhususkan untuk perangkat mobile, seperti Smartphone dan Tablet. Prosesor Exynos ini banyak dipasarkan dengan berbagai jenis yang memiliki beda spesifikasi. Misalnya pada keluaran pertamanya, pihak Samsung Electronics mengeluarkan Exynos 3110 atau hummingbird. Pernah denger nggak prosesor dengan jenis itu ? prosesor jenis ini memang jarang dijumpai pada perangkat – perangkat cerdas jaman sekarang karena sudah digantikan dengan prosesor – prosesor keluaran terbaru. Kelebihan prosesor ini adalah dibidang game dan kinerja multitaskingnya


2. Qualcomm Snapdragon
Qualcomm Snapdragon Processor

Prosesor jenis ini sering kali tampil pada dapur pacu Smartphone pada saat ini, mungkin anda juga sering menjumpainya tetapi belum mengetahui lebih detail tentangnya. Banyak kabar yang menyebutkan bahwa prosesor Qualcomm ini memliki kinerja yang bagus dibanding dengan yang lain, karena dapat terlihat pada saat ini banyak sekali Smartphone yang menggunakan CPU jenis ini. Mungkin prosesor ini dapat memberikan kinerja yang baik untuk device serta memiliki beberapa teknologi yang dapat memberikan banyak efek positif pada Smartphone atau Tablet.

3. Intel Atom
Intel Atom Processor

Intel cukup terlambat masuk ke ranah chipset untuk Smartphone. Namun, keterlambatan mereka dibayar dengan kehadiran prosesor Intel Atom yang memiliki kemampuan lebih baik. Salah satu keunggulan dari prosesor Intel adalah teknologinya yang lebih baik serta pengalaman membuat chipset pada ranah perangkat PC x86. Contoh keunggulan prosesornya adalah teknologi thread yang membuat prosesor dual core “terasa” seperti memiliki empat inti. Contoh smartphone yang menggunakan teknologi Intel adalah Asus Zenfone, dan Lenovo K900.


4. Mediatek Processor
Mediatek Processor

Prosesor jenis ini adalah hasil produksi dari perusahaan MediaTek atau yang lebih dikenal dengan MTK yakni perusahaan yang menjual komponen untuk perangkat komunikasi nirkabel. Alasan mengapa CPU jenis ini banyak digunakan, karena disamping harga nya yang relative murah, prosesor MediaTek ini memiliki kemampuan kerja yang tidak diragukan lagi dibanding yang lain.

5. nVidia Tegra
nVidia Tegra Processor

Prosesor yang kedua ini yakni Tegra. Prosesor ini dikeluarkan oleh pihak nVidia. Prosesor product nvidia ini dikabarkan memang sangat berkembang dikarenakan teknologinya yang lebih dulu menggunakan teknologi quad-core dimana pada saat yang hampir bersamaan, produsen lain masih gencar dengan teknologi dual-core. Prosesor tegra ini adalah nVidia Tegra 3 dimana memiliki keunggulan didalam visualisasi yang apik dengan konsumsi daya yang tidak besar. nVidia biasanya memang digunakan pada PC yang memang digunakan untuk game, jadi mungkin itu juga tidak jauh dari kinerja nVidia tegra untuk Smartphone ini.

6. Omap
Omap Processor

Prosesor OMAP ini adalah hasil kerja Texas Instrument. Prosesor jenis ini sering digunakan karena kelebihannya yang dapat memberikan serta memproses tampilan situs internet layaknya anda browsing website pada komputer, prosesor ini juga memberikan antarmuka yang lebih cepat, dengan OMAP ini Smartphone dapat menunjang kamera primer dan sekunder secara lebih kuat juga mampu menampilkan video Full HD dengan kualitas yang bagus.

7. PXA
PXA Processor

Prosesor PXA ini merupakan produk prosesor dari perusahaan marvell. Prosesor jenis ini memang jarang ditemui pada perangkat cerdas seperti Smartphone serta Tablet. Disebut – sebut PXA ini memiliki teknologi SoC (System On a Chip). Banyak sekali keuntungan dari teknologi tersebut, disamping dapat meminimalisir daya teknologinya sangat fungsiolitas untuk perangkat cerdas baik Smartphone atau Tablet.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish