Site and learn your application

Jumat, 29 Januari 2016

Aktivitas Selama Menggunakan Layanan Google Akan Terpantau Oleh Google Tracking

Google Tracking adalah fitur yang memantau atau merekam aktivitas pengguna internet selama dia menggunakan layanan atau mesin pencari Google. Apa saja yang Anda buka melalui Google akan terekam jelas oleh Google Tracking. Tentunya bila Anda termasuk orang penting yang kerap kali melakukan transaksi online sangat berbahaya.

Secara tidak sadar, setiap menggunakan layanan Google, mereka secara otomatis akan selalu memantau aktivitas Anda. Entah itu melakukan pencarian dari mesin pencari Google, menjalankan Youtube, sampai mengaktifkan perangkat Android menggunakan layanan Gmail. Google sendiri memiliki alasan mengenai pemantauan yang dilakukannya. Tidak lain untuk meningkatkan layanan mereka dalam menampilkan keakuratan yang tepat sesuai dengan apa yang biasa dilakukan penggunanya.

Namun banyak pula pengguna yang mempermasalahkannya karena menyangkut privasi seseorang. Dengan pantauan tersebut Google seakan-akan selalu mengikuti kemana saja kita berada, apa saja aktivitas kita, dan sampai tingkat yang menakutkan jika data tersebut digunakan oleh orang yang tidak berhak, bisa digunakan untuk hal-hal yang berbahaya. Tidak heran, lembaga pemerintahan ataupun mereka yang sensitif dalam hal keamanan selalu menghindari penggunaan perangkat berbasis Android dengan alasan tadi.

Untuk mengetahui lebih jauh aktivitas apa saja yang dipantau Google saat Anda memanfaatkan layanannya, berikut diantaranya:

1. Web History
Web History

Setiap melakukan pencarian menggunakan Chrome pada perangkat Android ataupun desktop, Google akan mencatat apa saja yang Anda cari, ketik, maupun hasil pencarian yang diklik. Terutama, jika melakukan login menggunakan akun Google yang dimiliki.

2. Informasi Dari Perangkat
Informasi dari perangkat


Informasi yang Anda masukkan pada perangkat Android, seperti email, nomor kontak, kalender, apps, serta akun lainnya yang tersimpan di perangkat tersebut akan terpantau oleh Google guna menyesuaikan dengan segala hal yang berkaitan dengan aktivitas saat menggunakan layanan mereka.

3. Tempat Yang Dikunjungi
Tempat Yang Dikunjungi

Jika mengaktifkan feature Location, Google juga akan mencatat segala tempat yang disinggahi pengguna. Location History akan mengumpulkan segala informasi tersebut dengan maksud agar dapat meningkatkan pencarian lokasi ataupun tempat-tempat yang biasa dikunjungi.

4. Pencarian Melalui Suara atau Perintah
Pencarian Melalui Suara atau Perintah

Jika sering atau pernah memanfaatkan layanan Google Now, pencarian melalui suara juga akan mencatat segala aktivitas tersebut. Tidak hanya saat melakukan pencarian, tetapi juga berbagai perintah yang Anda lakukan pada Google Now, akan ikut terpantau.

5. Pencarian Video Melalui Youtube
Pencarian Video Melalui Youtube

Fitur Search History pada Youtube menyimpan segala pencarian yang pernah dilakukan agar memudahkan pencarian selanjutnya. Hal ini akan mempercepat proses pencarian dan memudahkan Youtube dalam memilihkan video yang direkomendasikan berdasarkan pilihan sebelumnya. Selain itu feature Watch History di Youtube memudahkan pengguna untuk menemukan kembali video yang pernah diputar.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish