Site and learn your application

Sabtu, 02 Januari 2016

Asal Usul Simbol Jenis Kelamin Pria dan Wanita

Indo Amaterasu
Pastinya Anda telah mengenal simbol jenis kelamin pria dan wanita pada pelajaran biologi. Pria dengan simbol lingakaran dengan tanpa panah, sedangkan wanita dengan lingkaran tanda plus (+). Lalu pernahkah Anda berfikir dan bertanya kenapa simbol pria dan wanita seperti itu? pastinya ada sejarahnya, dan bukan asal sembarangan memberikan simbol pria dan wanita.

Cukup mengakjubkan bahwa keberadaan simbol itu sudah cukup lama. Didalam dunia Ilmu pengetahuan saja, lambang ini untuk pertamakalinya dipakai pada tahun 1753 oleh Pengarang buku Species Plantarum. Sebelumnya simbol-simbol yang menyatakan laki dan perempuan ini ditemukan pada peninggalan-peninggalan kuno pada jaman prasejarah. Sebelum ada tulisan, bangsa-bangsa prasejarah menggunakan gambar dan simbol untuk “berkomunikasi”. Para ahli mencoba untuk mencari hubungan mengapa simbol tersebut yang digunakan untuk menunjukkan laki dan perempuan.



Ada yang berpendapat tanda lingkaran dan panah menunjukkan bahwa laki-laki saat itu memang dikenal sebagai pemburu yang bersenjatakan tombak, sementara simbol lingkaran dengan tanda silang dibawahnya, sebagai penggambaran perempuan, menunjukkan bahwa wanita memiliki kecenderungan bercermin (lambang itu dianalogikan sebagai cermin bergagang).

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa simbol-simbol itu telah mengalamai perubahan sejak lama, yang diturunkan dari bentuk fisik manusia laki-laki dan perempuan. Oh ya simbol ini juga digunakan sebagai simbol planet di tata surya kita, yaitu untuk Mars dan Venus yang selanjutnya juga dikenal: Mars sebagai gambaran laki-laki, dan Venus untuk Perempuan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish