Site and learn your application

Jumat, 29 Januari 2016

Cara Mengoptimalkan Penggunaan WhatsApp di Android

Indo Amaterasu
WhatsApp merupakan aplikasi chating dengan pengguna aktif terbanyak di dunia. Meskipun bermunculan aplikasi serupa namun tidak mampu menggeser WhatsApp dipuncak singgasana. Beberapa alasa kenapa WhatsApp begitu banyak diminati yaitu ringan dijalankan dan mampu berjalan disinyal yang kurang bagus sekalipun.

WhatsApp hadir dengan segudang fitur dari hasil pembaharuan versi sebelumnya. Namun pengguna WhatsApp masih banyak yang belum mengoptimalkan fitur-fitur yang ada diaplikasinya. Untuk itu Indoamaterasu.com membagikan tips pengoptimalan penggunaan WhatsApp di Android.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan WhatsApp di Android:

1. Sembunyikan Last Seen
Sembunyikan Last Seen

WhatsApp memiliki fitur Last Seen yang berguna untuk mengetahui kapan terakhir kali Anda mengakses aplikasi chat ini. Secara default, fitur Last Seen sudah aktif. Namun untuk alamat privasi, kamu bisa mematikannya. Tekan Menu > Settings > Account >Privacy. Pilih Nobody jika tidak ingin orang lain mengetahui aktivitas Anda. Namun jika kamu mematikan fitur ini, otomatis kamu juga tidak bisa melihat ‘Last Seen’ pengguna lain.

2. Kirim Conversation History
Kirim Conversation History

Kamu bisa mengirim seluruh percakapan WhatsApp melalui email. Caranya, masuk ke percakapan yang dipilih, tekan tombol Menu>More>Email chat. Dari sini kamu bisa memilih, apakah ingin menampilkan seluruh percakapan, lengkap dengan file yang ada (foto, musik, suara, dan lainnya) atau tidak. Pilih Attach media jika ingin menyertakan seluruhnya dan pilih ke alamat email yang dituju. Otomatis WhatsApp akan mengirim percakapan tersebut dalam format teks.

3. Mengganti Nomor Telpon

Mengganti Nomor Telpon

Jika kamu memiliki nomor telpon baru dan ingin semua kontak, informasi akun, grup lama, kembali ke nomor tersebut, lakukan cara berikut. Tekan Menu>Settings>Account>Change number, ikuti panduan yang ada seperti memasukkan nomor telpon lama dan baru.

4. Blokir Nomor Kontak
Blokir Nomor Kontak

Kamu bisa memblokir nomor kontak tertentu agar mereka tidak bisa mengirim pesan. Hal ini mudah jika nomor yang hendak diblokir sudah tercantum pada contacts list. Caranya tekan menu, Settings>Account>Privacy. Pada kategori Messaging, ketuk Blocked contacts. Tekan ikon Add yang terletak di kanan atas. Dari sini pilih nama-nama yang hendak diblokir. Jika ingin membuka blokir, tekan nama yang dituju dan pilih Unblock.

5. Backup Percakapan dan Mengembalikannya

Backup Percakapan dan Mengembalikannya

Kamu bisa mengembalikan percakapan yang sudah terhapus dan menampilkannya kembali. Namun sebelumnya, aktifkan dulu fitur backup. Caranya masuk ke Settings>Chats and calls>Chat backup. File backup akan tersimpan di akun Google Drive, oleh karena itu pastikan kamu memiliki akun tersebut. Jika semua lancar, tinggal tekan tombol Back Up.


Setelah melakukan backup, jika kamu tidak sengaja menghapus percakapan dan ingin mengembalikannya lagi, lakukan hal berikut. Hapus (uninstall) dan pasang kembali (reinstall) Whatsapp. Klik Restore saat ditanya untuk mengembalikan percakapan yang hilang (paling tidak dari terakhir kali saat dibackup).

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish