Site and learn your application

Jumat, 29 Januari 2016

Cara Menonaktifkan Pantauan Google Tracking

Sebelumnya Indoamaterasu.com sudah membahas mengenai aktivitas apa saja yang bisa terlacak oleh Google Tracking. Dan jika Anda termasuk orang yang cukup risih dengan tracking yang dilakukan Google ini, bisa menonaktifkan beberapa layanan tersebut tanpa mengurangi fungsi layanan tersebut. Berikut hal yang mesti dimatikan atau bersihkan guna menghentikan Google dalam memantau segala aktivitas penggunanya.

Baca: Aktivitas Selama Menggunakan Layanan Google Akan Terpantau Oleh Google TrackingPerangkat Android
Baca: Fungsi New Incognito Window Pada Google Chrome 

Cara Menonaktifkan Pantauan Google Tracking:

1. Perangkat Android
Ada beberapa pengaturan yang mesti dilakukan pada perangkat Android guna menghentikan pemantauan. Pada app drawer cari Google Settings, masuk ke pilihan Account > Personal info & privacy > Activity controls. Matikan semua feature yang ada ke posisi Off/ Paused.
Perangkat Android

2. Peramban Chrome
Dari Chrome tekan logo tiga titik di bagian atas kanan dan masuk ke Settings > Advanced > Privacy. Tekan Clear Browsing Data serta aktifkan Do Not Track. Kembali ke halaman sebelumnya, pilih Site settings, matikan (block) Cookies dan Location.
Peramban Chrome

3. Aplikasi Youtube
Pada halaman utama aplikasi Youtube, tekan ikon tiga titik yang terdapat di pojok kanan atas. Pilih Settings > Privacy. Jika ingin menghapus history, tekan Clear watch history dan Clear search history. Jika Anda tidak ingin Youtube (Google) mencatat segala aktivitas, beri tanda centang pada Pause watch History dan Pause search history.
Aplikasi Youtube

4. Matikan Loaction
Pada app drawer masuk ke Settings > Privacy, masuk ke Location, pilih Google Location History. Dari sini matikan (paused) semua device yang telah atau pernah menggunakan akun ini. Kembali ke halaman sebelumnya dan matikan Location ke posisi Off.
Matikan Loaction

5. Pencarian suara Google Now
Masuk ke Google Now (tekan tombol Home yang lama). Tekan ikon tiga garis yang terdapat pada bagian pojok kiri atas. Masuk ke Settings > Account & privacy > Google Account History dan matikan Voice & Audio Activity ke Off. Kembali ke halaman sebelumnya hingga ke piihan Settings, pilih Voice, pada Ok Google detection matikan From Google App.
Pencarian suara Google Now

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish