Site and learn your application

Selasa, 19 Januari 2016

Musik Klasik Bukanlah Lagu Jadul

Indo Amaterasu
Mendengar kata klasik pasti ada kaitannya dengan lama, seperi barang klasik, lukisan klasik, dan lagu klasik. Banyak juga masayarakat yang mengartikan musik klasik adalah lagu jadul/ lama yang diputar zaman sekarang disebut musik klasik. Seperti lagu tahun 60an bila diputar tahun 2016 disebut musik klasik adalah pandangan yang keliru.

Musik klasik adalah musik yang mempunyai ritme lagu teratur/ datar/ halus. Dengan ritme tersebut diklaim musik klasik mampu membuat otak bayi merasa tenang bila diputar saat mengandung. Maka dari itu lagu rok/ metal tahun 60an tidak bisa disebut musik klasik.
Musik Klasik Bukanlah Lagu Jadul

Musik klasik adalah komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa. Biasanya musik klasik digolongkan melalui periodisasi tertentu, mulai dari periode klasik, diikuti oleh barok, rokoko, dan romantik. Pada era inilah nama-nama besar seperti Bach, Mozart, atau Haydn melahirkan karya-karyanya yang berupa sonata, simfoni, konserto solo, string kuartet, hingga opera.

Namun pada kenyataannya, para komposer klasik sendiri tidak pernah menggolong-golongkan jenis komposisi yang mereka gubah. Penggolongan yang kita kenal sekarang dilakukan semata-mata untuk mempermudah, terutama untuk kepentingan akademis.

Baca: Kumpulan Musik Klasik Untuk Bayi Dalam Kandungan

Sejak abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi, di Tiongkok dan Mesir sudah mempunyai bentuk musik tertentu. Hal ini mendapat pengaruh dari Mesir serta Babilon, dan berkembanglah musik Hibrani yang kemudian berkembang lagi menjadi musik gereja. Musik ini ternyata disenangi oleh masyarakat, karena adanya pemain-pemain musik yang mengembara serta menyanyikan lagu yang digunakan pada saat upacara geraja.

Musik klasik kemudian tersebar diseluruh Eropa kemudian tumbuh dan berkembang serta musik intrumental maju dengan pesar setelah adanya perbaikan dari alat-alat musik, contohnya biola dan cello. Kemudian bermunculan para komponis besar di berbagai negara yaitu, Jerman, Prancis, Italia dan Rusia.

Kesiumpulannya: musik jadul/ lama yang mempunyai ritme teratur/ halus dapat dikatogrikan musik klasik.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish