Site and learn your application

Rabu, 27 Januari 2016

Pentingnya Mendaftarkan Bayi Dalam Kandungan Ke BPJS

Indo Amaterasu
Melihat fakta dilapangan bagi keluarga yang akan mempunyai anak atau ibu yang akan melahirkan berbondong-bondong datang ke kantor BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) terdekat untuk mendapatkan asuransi kesehatan baik itu melahirkan dan persalinan.

Syarat utama untuk daftar BPJS dengan menggunakan Kartu Keluarga (KK), misalkan jumlah keluarga Anda 3 maka semuanya terdaftar dalam BPJS. Lalu bagaimana dengan calon bayi yang masih dalam kandungan ibu? boleh didaftarkan BPJS tidak? untuk menjawabnya silahkan simak uraian berikut ini.

Baca: Syarat dan Cara Mendaftarkan Bayi Dalam Kandungan ke BPJS Kesehatan

Kebanyakan orang mendaftarkan asuransi kesehatan di BPJS hanya untuk Ayah dan Ibu saja, dengan harapan meringankan biaya persalilan. Namun ketika persalinan menggunakan klaim BPJS maka tetap dikenakan biaya tambahan yaitu biaya perawatan anak selama di RS. Memang untuk perawatan Ibu gratis 100% baik persalinan normal dan bedah caesar. Bahkan untuk tranfusi darah dan chek di laboratorium dapat diklaim BPJS.

Setelah bayi lahir maka ditempatkan terpisah dengan kamar Ibu, di sinilah bayi mendapatkan perawatan khusus dari RS. Setelah bayi diberi imuninasi dan dalam keadaan sehat keesokan harinya diberikan kepada Ibunya. Untuk menghindari biaya tambahan perawatan bayi yang baru lahir wajib mendaftarkannya ke kantor BPJS.

Baca: Cara Mudah Daftar BPJS Online, Tak Perlu Antri Lama Langsung Dapat Kartu

Untuk mendaftarkan bayi dalam klaim BPJS tidak bisa dilakukan secara online, melainkan daftar langsung ke kantor BPJS. Nanti bayi mendapatkan kartu tersendiri dengan nama "CALON BAYI NY. ..". Berikut ini contoh kartu BPJS bayi dalam kandungan ibu.
Kartu BPJS Bayi Dalam Kandungan Ibu

Setelah mempunyai kartu BPJS Calon Bayi, kartu ini aktif ketika bayi telah lahir. Nantinya bila anak sudah mempunyai akta kelahiran dan KK baru maka dapat ditukar dengan kartu BPJS baru yang menggunakan nama anak Anda. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish