Site and learn your application

Rabu, 17 Februari 2016

Cara Jitu Memperbaiki Laptop Mati Total

Indo Amaterasu
Teknik rahasia cara servis laptop mati total, seperti Kita ketahui laptop mati total banyak penyebabnya, sering Kita temui adalah akibat dari sistem listrik yang berakibat short pada rangkaian mainboard, sehingga otomatis sistem rangkaian memblok aliran arus ke sistem power utama dan ini pasti membuat laptop tidak akan nyala (keterangan ini tidak resmi alias ngaco, karena saya sendiri tidak begitu mengerti untuk menjelaskannya, tapi kira-kira begitulah kondisi laptop yang berada pada posisi short yang menyebabkan mati total pada laptop).
Cara Jitu Memperbaiki Laptop Mati Total

Memang tidak semua penyebab laptop mati total adalah rangkaian short, bisa saja yang rusak chip power 19 volt, atau ada komponen yang lain dan ini tentunya butuh keahlian untuk mengeceknya. Pada kasus mati total, umumnya yang pertama sekali Kita lakukan pengecekan adalah baterai, bisa saja Power failure menjadi penyebab mati total. Coba Anda lakukan pengisian/ charge baterai tanpa akses dulu pada laptop Anda kira-kira 30 menit, coba lihat hasilnya.

Atau Anda bisa mencoba dengan mencopot baterai dan gunakan charger untuk menyalakan laptop, jika belum bisa coba Anda cek dibagian input power listriknya, saya sering menemukan permasalahannya disini, cek konektor power, cek juga solderan dibagian power, jika normal cek tegangan di chip power biasanya 19 volt, tapi bisa jadi beda. Cek secara teliti. Jangan lupa, cek apakah ada komponen yang terbakar. Pastikan semua komponen dalam kondisi bagus alias tidak ada yang gosong. Hal ini penting sebelum Kita melakukan teknik servis laptop mati total yang akan saya bahas.

Cara memperbaiki laptop mati total sebenarnya tidak rumit tapi seperti yang sudah saya katakan tadi tidak semua laptop mati total bisa diperbaiki dengan teknik ini, akan tetapi jika sudah Kita pastikan tidak ada komponen mainboard laptop yang terbakar, cobalah teknik ini, jika laptop mati total karena short listrik, teknik ini sangat ampuh dan sudah terbukti manjur. Begitulah yang sering saya praktekkan.

Meski tidak semua memperbaiki laptop mati total bisa sehat kembali dengan cara ini, tapi tidak salah untuk Kita coba, karena tidak ribet dan sangat mudah, jika teknik ini belum berhasil memulihkan laptop Anda, berarti harus dilakukan pengecekan komponen lebih detail dan ini tentunya menjadi kerjaan yang cukup memakan waktu. Cara servis laptop mati total dengan teknik sederhana ini adalah setelah casing laptop Kita bongkar habis, temukan dulu baterai CMOS nya, selanjutnya bongkar/ copot baterai cmos, tekan tombol power kira-kira 10 detik atau lebih tanpa charge ke listrik dan tanpa baterai laptop.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish